Kompas TV regional berita daerah

Durian Jumbo 12,4 kg Ramaikan Festival Durian Gunungpati di Semarang

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 14:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Festival Durian Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, ini dibuka langsung oleh Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. Ada 25 petani durian yang dilibatkan untuk menampilkan hasil panen duriannya. Berbagai varian durian lokal ada di sini, mulai dari durian lokal Monti, durian Duri Hitam, Upin-Ipin, Mrica, dan jenis durian lokal lainnya.

Untuk memeriahkan Festival Durian Gunungpati, sebanyak 3 ton durian disiapkan. Dan yang menjadi daya tarik tersendiri di Festival Durian Gunungpati ini adalah durian Monti atau durian Montong Gunungpati yang berukuran jumbo dengan berat 12,4 kilogram.

Hevearita berharap Festival Durian Gunungpati dapat membangkitkan kembali semangat petani lokal agar hasil panennya naik kelas, terkenal dan menjadi jawara durian nusantara. Meski lokal, namun rasa durian asal Gunungpati ini berkelas, yakni sangat enak, legit dan lezat.

“Datang ke Semarang, kalau mau cari durian ya kesini. Nanti di sini bisa mengajak petani-petani dari wilayah lainnya untuk bisa bersama-sama hadir sehingga tidak hanya satu atau dua hari, namun bisa seterusnya,”ucap Hevearita.

Ketua Panitia Festival Durian Gunungpati, Masduki juga mengatakan jika festival ini bertujuan untuk menggeliatkan para petani durian khususnya di Gunungpati.

“Di tahun-tahun yang lalu, Gunungpati itu sebagai jawaranya durian. Jadi kita akan menggeliatkan kembali bahwa di Gunungpati ini pernah menjadi jawaranya durian,”ujar Masduki.

Festival Durian yang berlangsung selama dua hari ini memberi kesempatan bagi penyuka durian untuk berburu buah durian dengan harga terjangkau. Rata-rata harganya Rp 60 ribu per kilogramnya, namun ada juga durian berukuran kecil yang dijual Rp 100 ribu per 3 buah.

#durian #semarang #gunungpati



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x