Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Desa Di Bangli Ikuti Lomba Ogoh-Ogoh

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 15:26 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

BANGLI, KOMPAS TV - Seperti inilah saat tim penilai dari Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bangli, Bali,  melakukan penilaian lomba ogoh-ogoh jelang Hari Suci Nyepi, ke sejumlah dusun atau banjar  di Kabupaten Bangli, Selasa (7/3) sore.

31 Dusun atau banjar mengikuti lomba ogoh-ogoh di Kabupaten Bangli dengan menampilkan karya terbaik, dengan beragam tema yang mrngambil tokoh pewayangan bali dan butakala atau roh jahat dalam cerita Bali.

Sementara penilaian berlangsung hingga tanggal 9 Maret 2023 ini. Untuk penilaian, ogoh-ogoh yang dibuat harus mengunakan bahan yang ramah lingkungan, anatomi, perpaduan warna, kerapian, karakter yang harus menceritakan tokoh pewayangan Bali, butakala, atau roh jahat dan penilaian aspek lainnya.

Sementara para pemuda sangat antusias menyambut lomba ogoh-ogoh berbahan dasar alam ini, dengan menampilkan karya terbaik karya sekeha truna.  Pasalnya lomba ini baru pertama kali dilakukan setalah 2 tahun lebih pandemi covid 19.

Mereka berharap agar lomba ogoh-ogoh ini tidak hanya dilakukan penilaian di tempat, namun juga mengadakan parade agar biasa memadukan seni ogoh-ogoh dengan seni tari dan gambelan Bali, saat malam pengerupukkan atau sehari sebelum Hari Suci Nyepi.

 

 

 

 

 

 

 

#lombaogohogoh  #nyepi   #bangli




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x