Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Klungkung Maksimalkan Pembangunan Jalan Di Nusa Penida

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 13:35 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Gencarnya pembangunan infrasturtur, utamanya jalan dan air di wilayah kepulauan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, sangat mendukung kegiatan masyarakat utamanya pariwisata di wilayah kepulauan ini.

Di bawah kepemimpinan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan wakilnya, I Made Kasta, pembangunan infrastruktur jalan telah digencarkan dari tahun 2016 silam dan telah  puluhan kilometer jalan di Nusa Penida kini dalam kondisi baik.

Namun, karena kebutuhan akses dan pariwisata yang kian meningkat, banyak jalan yang harus dialihkan dari jalan desa menjadi jalan kabupaten, agar bisa ditangani oleh pemerintah daerah.

Tahun ini pemerintah daerah setempat secara khusus menggelontorkan 27 miliar rupiah,  untuk penanganan perbaikan jalan dan pembangunan jalan baru yang tembus ke objek vital pariwisata, dan akses perekonomian warga di pulau Nusa Penida / Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengatakan, pembangunan jalan tahun 2023 sebagai tahun terakhir politik bupati dan wakil bupati klungkung,  mefokuskan pada jalan yang sudah dialihkan dari desa ke kabupaten.  Sehingga pariwisata dan perekonomian warga bisa kian meningkat.

Sementara itu  Perbekel Desa Batu Kandik, I Wayan Katon mengatakan, sangat bersyukur atas bantuan jalan baru ini. Sehingga siswa bersekolah bisa lebih lancar. Desanya kini banyak dilalui kendaraan pariwisata dan secara tidak langsung ikut menikmati pariwisata Nusa Penida.

Selain jalan,  jaringan air terus diperluas saat ini dengan penambahan debit air dan sambungan baru. Selain itu  pembangunan akses pariwisata untuk menunjang kenyamanan wistawan saat berlibur di pulau ini juga terus digencarkan.

 

 

 

 

 

 

 

#infrastruktur  #nusapenida  #pemkabklungkung




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x