Kompas TV regional bali nusa tenggara

Strategi Bank Indonesia Atasi Inklusi Keuangan Era Digital

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 12:13 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Kebangkitan ekonomi pasca pandemi Covid 19 nampak mengalami trend positif. Dan untuk mendorong inklusi keuangan tersebut, perlu adanya konektivitas antar negara, untuk mampu memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

Pada pertemuan menteri bank sentral negara asean yang di laksanakan di Nusa Dua Bali, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, membeberkan strategi untuk meningkatkan inklusi keuangan. Inovasi yang terintegrasi menjadi salah satu strategi yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan inklusi keuangan di era digital. Dimana Indonesia sendiri telah menerapkan hal tersebut sejak 2019 lalu.

Berbagai sistem pembayaran seperti QR, Qris, hingga Fast Payment telah mulai di terapkan. Tidak saja pada usaha besar, sistem ini telah di terapkan di seluruh penggiat UMKM di Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia sendiri melihat UMKM merupakan sirkulasi keuangan yang mesti di berikan pemahaman lebih tentang produk keuangan. Agar inovasi keuangan nantinya tidak merugikan para pengguna jasa keuangan.

 

 

 

 

 

 

#bankindonesia   #keuangandigital  #transaksidigital



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x