Kompas TV regional kalimantan

Berpuisi Tunggu Buka Puasa, Sanggar Kindai Seni Kreatif Kenalkan Mahabupua Sebagai Edukasi Literasi

Kompas.tv - 3 April 2023, 22:15 WIB

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Lomba puisi digelar Sanggar Kindai Seni Kreatif sembari menunggu waktu berbuka puasa (1/4/2023).

Diikuti oleh belasan peserta dari SMP, SMA hingga universitas di Kalimantan Selatan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengedukasi, memberikan pengetahuan dan menambah intensitas sosialisasi sastra terutama puisi kepada generasi muda.

Baca Juga: 24 Calon Pelatih Panjat Tebing Indonesia Ikuti Ujian Level I di Banjarbaru

Founder Kindai Seni Kreatif, Ali Syamsudin Arsy, kegiatan ini sebagai sosialisasi juga edukasi.

"Jadi itu sebuah bentuk sosialisasi makanya pelaksanaannya yang pas di sore jelang buka puasa, dan ini bentuk edukasi makanya pesertanya pelajar," ujarnya.

Zahra peserta yang membawakan puisi berjudul lintasan angsana karya Ali Syamsudin Arsy mengaku mencoba mengikuti lomba membaca puisi karena memiliki ketertarikan dengan sastra.

"Pengen nyoba aja gitu sama isi waktu sebelum buka puasa," ungkap Zahra.

Baca Juga: Kolonel Inf Ilham Yunus Jalani Sespimti, Dandim 1007/Banjarmasin Dijabat Letkol Inf Arman Aris Sallo

Kegiatan ini sekaligus untuk memasyarakatkan kata 'Mahabupua' singkatan dari kalimat "mahadang buka puasa" atau menunggu waktu berbuka puasa dalam Bahasa Banjar.

Melalui kegiatan mahabupua atau mahadang buka puasa dengan lomba puisi ini diharapkan bibit-bibit sastrawan terutama pada bidang puisi di Kalimantan Selatan dapat terlihat dan terwadahi dengan baik. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x