Kompas TV regional bali nusa tenggara

Siswa SMA Negeri 1 Bangli Olah Biji Rambutan Menjadi Beras Analog

Kompas.tv - 4 April 2023, 13:00 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BANGLI, KOMPAS TV - Seperti inilah saat sejumlah siswa  SMA Negeri 1 Bangli, Bali, mengolah biji buah rambutan menjadi beras analog pengganti nasi.

Biji rambutan yang sudah dipisah dengan dagingnya dibersihkan dan diiris tipis. Selanjutnya irisan buah rambutan dicuci bersih, direbus hingga matang, kemudian diblender dengan campuran tepung kentang dan kayu secang. Setelah tercampur, adonan dipiling dan dibentuk seperti nasi. Selanjutnya  adonan diopen dan dikukus hingga siap untuk di konsumsi.

Ide mengolah biji rambutan ini bermula dari banyaknya masyarakat yang terkena penyakit diabetes dan banyaknya biji rambutan yang terbuang.  Sehingga sejumlah siswa di sekolah ini berinovasi mengolah biji rambutan menjadi beras analog sebagai pengganti nasi yang rendah gula dan baik untuk kesehatan.

Bahkan penemuan siswa ini sebelumnya berhasil meraih  mendali emas dalam ajang Youth Internasional Science Fair, yang diikuti oleh 30 negara. Para siswa berharap, agar pemerintah mampu terus mendukung dan mengembangkan penemuan mereka agar bisa bermanfaat untuk masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

#SMAN1bangli   #bijirambutan   #berasanalog

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x