Kompas TV lifestyle tren

Logo dan Tema Hari Kebangkitan Nasional 2024 atau Harkitnas ke-116, Ini Link Download-nya

Kompas.tv - 17 Mei 2024, 12:30 WIB
logo-dan-tema-hari-kebangkitan-nasional-2024-atau-harkitnas-ke-116-ini-link-download-nya
Logo dan Tema Harkitnas 2024 (Sumber: Kominfo.go.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas diperingati pada 20 Mei setiap tahunnya untuk memperingati hari lahirnya organisasi Boedi Utomo. Berikut tema dan logonya.

Seperti diketahui, Hari Kebangkitan Nasional 2024 merupakan peringatan yang ke-116 yang akan jatuh pada Senin, 20 Mei 2024.

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang libur nasional dan cuti bersama 2024, Hari Kebangkitan Nasional Senin, 20 Mei 2024 tidak ditetapkan sebagai hari libur.

Tema Hari Kebangkitan Nasional 2024

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengeluarkan pedoman peringatan Harkitnas 2024 termasuk merilis logo dan temanya.

Dikutup dari kominfo.go.id, Jumat (17/5/2024), tema peringatan Harkitnas 2024 adalah “Bangkit Untuk Indonesia Emas". Tema ini dipilih agar Harkitnas 2024 dapat membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas.

Baca Juga: 20 Mei 2024 Diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, Libur atau Tidak? Cek SKB 3 Menteri

Kelahiran organisasi Budi Utomo menjadi simbol Hari Kebangkitan Nasional yang pada masanya, dr. Sutomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain.

"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116, tanggal 20 Mei 2024 sangat relevan jika dimaknai dengan situasi kondisi saat ini. Kita berada dalam situasi pascapesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita," tulis Kominfo

"Hajat demokrasi tersebut tak dapat dipungkiri telah mengoyak banyak sendi-sendi vital persaudaraan kita sebagai anak bangsa. Pemicunya adalah ketidakdewasaan berdemokrasi dan pengesampingan semangat persatuan demi tujuan sesaat. Buntutnya, muncullah fitnah, kabar bohong, dan kabar kebencian dengan tujuan memenangkan kepentingan masing-masing," ujarnya.

Menurut Kominfo, telah 116 tahun Indonesia bangkit untuk membina persatuan bangsa yang menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa.

Dalam situasi masyarakat Indonesia yang beragam bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang termasuk ke dalam salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita bisa membuktikan bahwa Indonesia mampu menjaga persatuan

"Oleh sebab itu, kita perlu bangkit dan bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu Bangkit menuju Indonesia Emas. Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 ini disematkan tema 'BANGKIT UNTUK INDONESIA EMAS'," tulis keterangan Kominfo.

Baca Juga: Hormati Harkitnas, Calon Pengantin Ini Kumandangkan "Indonesia Raya" Sebelum Akad Nikah

Logo Hari Kebangkitan Nasional 2024

Logo Harkitnas 2024 terdiri dari angka 116 yang berwarna emas. Berikut filosofinya.

  • Representasi Angka 116. Yang merupakan usia peringatan hari kebangkitan nasional ke-116 tahun.
  • Representasi gerakan satelit SATRIA 1. Menggambarkan bahwa bangsa indonesia sudah siap meluncur menuju Indonesia Emas
  • Representasi gerakan satelit SATRIA 1 mulai mengorbit bumi. menggambarkan bahwa bersaing dan menjadi pengaruh bagi bangsa-bangsa lain di bumi

Link download logo Harkitnas 2024 format PDF, PNG, CDR, JPG dapat diunduh di sini.

Link download template logo Harkitnas 2024 untuk banner, twibbon, billboard, poster dan lainnya dapat diunduh di sini.

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x