Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jelang Paskah 2023, Polres Bantul bersama Tim Penjinak Bom Sterilkan Lima Gereja

Kompas.tv - 6 April 2023, 18:13 WIB
jelang-paskah-2023-polres-bantul-bersama-tim-penjinak-bom-sterilkan-lima-gereja
Polres Bantul bersama Tim Penjinak Bom Polda DIY mensterilisasi lima gereja di wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (6/4/2023). (Sumber: Antara/Dok.Humas Polres Bantul)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian Resor (Polres) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan giat sterilisasi di lima gereja yang berada di wilayahnya menjelang perayaan Paskah 2023.

Dalam sterilisasi gereja, Polres Bantul menurunkan sejumlah personel berkolaborasi dengan Tim Penjinak Bom Polda DIY.

Lima gereja yang disterilisasi adalah Gereja Katolik Santo Paulus Pringgolayan, Gereja Katolik Santo Yakobus Klodran, Gereja Katolik Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Gereja Katolik Salib Suci Gunung Sempu, dan Gereja Santa Theresia Sedayu.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK mengatakan sterilisasi dilakukan untuk menciptakan suasana perayaan Paskah yang aman dan kondusif.

"Sterilisasi dilakukan untuk memastikan lokasi gereja yang akan digunakan untuk pelaksanaan ibadah dan perayaan Paskah terjamin keamanannya," kata Ihsan, Kamis (6/4/2023), dikutip dari Antara.

Sementara untuk mewujudkan keamanan dalam pelaksanaan Paskah, Ihsan menyebut pihaknya mengerahkan 875 personel polres dan polsek yang tergelar di seluruh gereja yang digunakan untuk perayaan Paskah.

Baca Juga: Jelang Paskah 2023, Ini Empat Seruan Kemenag untuk Umat Kristiani

"Pengamanan bersifat terbuka dan tertutup. Kami berharap perayaan Paskah berlangsung damai dan lancar," katanya.

Lebih lanjut, Kapolres Bantul mengatakan, petugas akan menindak tegas pelaku kejahatan yang mencoba mengganggu jalannya perayaan Paskah di Bantul. 

"Penjagaan terhadap rumah ibadah gereja akan laksanakan selama 24 jam. Dan telah disiapkan beberapa strategi pengamanannya," tegasnya.

Sementara itu, Kasihumas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan sterilisasi lima gereja tersebut dilakukan karena memiliki jumlah jemaat banyak.

Meski demikian, gereja lainnya tetap mendapatkan perhatian dengan menempatkan personel baik yang berseragam ataupun tidak.

"Kami berharap pelaksanaan Paskah di Bantul berjalan aman, damai dan tertib," ujar Jeffry.

Seperti diketahui hari raya Paskah yang dirayakan oleh umat Katolik dan Kristen di seluruh dunia, jatuh pada Minggu (9/4/2023),

Paskah adalah perayaan kebangkitan Yesus Kristus, yaitu tiga hari setelah peristiwa penyaliban dan kematian Yesus di kayu salib yang dikenal dengan Jumat Agung.

Baca Juga: Sebentar Lagi Paskah, Setara Institute Minta Pemkab Purwakarta Batalkan Penyegelan Gereja


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x