Kompas TV regional sumatra

AJI Lhokseumawe Gelar Kelar jurnalistik Ramadan

Kompas.tv - 7 April 2023, 14:15 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.TV - Ratusan peserta mahasiswa dan masyarakat umum antusias mengikuti kelas jurnalistik ramadan di kota Lhokseumawe. Kegiatan yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe ini secara gratis tanpa dipungut biaya, Kamis 6 April 2023.

Lebih dari seratusan warga yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum mengikuti kelas jurnalistik ramadan 2023 di lhokseumawe.

Antusias peserta dalam kegiatan tersebut pun sangat tinggi. Mereka datang dari berbagai kabupaten kota di Aceh  seperti dari kota Langsa, Bireun, Bener Meriah, Aceh uUtara dan kota Lhokseumawe untuk menimba ilmu jurnalistik.

Kegiatan ini berlansung selama tiga hari yang di isi oleh enam pemateri. Dua pemateri merupakan jurnalis senior dari Jakarta dan empat lainnya merupakan anggota AJI.

Ketua AJI Lhokseumawe, Irmansyah menjelaskan sedikitnya seratus orang peserta mengikuti kegiatan ini. Padahal, AJI Lhokseumawe hanya membuka kuota untuk tiga puluh orang. Tapi yang mendaftar mencapai seratus orang lebih.

“Kita melihat sangat antusias dari penerima pendaftar, jadi aji lhokseumawe membuka pendaftaran online itu menyampaikan kuota terbatas 30 orang, tapi mendaftar ternyata lebih dari 100 orang, yang mengikut langsung dalam ruangan ada 70 orang, jadi selebihnya ikut secara online, kelas ini gratis karena kita memang ingin berbagi pengetahuan untuk jurnalis muda dari berbagai kabupaten/kota.” Ungkap Irmansyah.

Para peserta mengaku sangat senang bisa mendapatkan kesempatan ini. Salah seorang peserta Cut Siska Ramona, menyatakan sudah lama menunggu kegiatan seperti ini. Hal ini karena dia sangat senang dengan dunia jurnalistik.

“Yang saya dapatkan pribadi dari kelas jurnalistik ramadan 2023 ini memang minat dan bakat saya itu didunia jurnalistik, jadi saya rasa kelas jurnalistik ini sangat bermanfaat.” Jelas Cut.

Begitu juga dengan peserta lainnya, Muhammad Razi menambahkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya.

“sangat bermanfaat sekali, kegiatannya juga sangat ringan sekali diterima oleh peserta, dari segi penyampaiannya mudah dimengerti, banyak dari peserta komunikasi dan umum, bagi saya yang umum sangat berterimakasih sekali.” Ungkap Razi.

Selain belajar, kegiatan ini juga mengadakan nonton bareng film dokumenter salah satu karya watchdoc di sesi akhir kelas. Kemudian penyelenggara kegiatan juga mengajak para peserta yang hadir untuk berbuka puasa bersama tanpa harus mengeluarkan biaya.

Peserta pun berharap agar kegiatan serupa bisa kembali digelar dikesempatan lainnya, karena sangat bermanfaat bagi mereka tentang ilmu jurnalistik.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x