Kompas TV regional bali nusa tenggara

Warga Saren Jawa Buka Puas Dengan Megibung

Kompas.tv - 11 April 2023, 12:03 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Menjelang sore warga di Banjar Dinas Saren Jawa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali, terlihat sibuk mempersiapkan makan untuk membuka puasa. Makan yang berisi beragam jenis lauk dan nasi ini dikumpulkan menjadi satu wadah. Selanjutnya silih berganti di bawa ke masjid Al Fatahul Jalil.

Makanan ini disantap bersama saat buka puasa secara megibung. Dimana tradisi megibung merupakan tradisi khas budaya masyarakat Kabupaten Karangasem saat menggelar upacara adat.  Namun meski beragama islam warga Banjar Dinas Saren Jawa melakukan tradisi megibung saat buka puas sudah sejak ratusan tahun silam, yang dilaksanakan dua kali selama puasa yang dilakukan di masjid.

Terlihat warga duduk melingkar disebuah nampan. Setelah selesai melakukan doa bersama warga dengan suka cita menikmati hidangan buka puasa dalam satu wadah bersama-sama.

Menurut Kelian Adat Saren Jawa, sejak dahulu tradisi buka puasa dengan cara megibung sudah rutin digelar setiap satu tahun sekali.  Selama puasa, megibung digelar dua kali, mengingat adanya keterkaitan dengan Desa Adat Budakeling yang merupakan beragama hindu.

Tradisi megibung ini merupakan bentuk toleransi antar umat beragama di Kabupaten Karangasem yang sampai saat ini masih dipertahankan, serta merupakan warisan budaya yang sampai saat ini masih terjaga di Banjar Dinas Saren Jawa.

 

 

 

 

 

 

 

 

#megibung   #banjardinassarenjawa  #tradisiramadhan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

SENJA DI TAMAN VATIKAN

10 Juni 2024, 01:00 WIB

Close Ads x