Kompas TV lifestyle kesehatan

Jangan Menderita Lahir Batin Bila Tumbuh Jerawat Dalam Lubang Hidung, Ini yang Perlu Dilakukan

Kompas.tv - 10 Juni 2024, 02:00 WIB
jangan-menderita-lahir-batin-bila-tumbuh-jerawat-dalam-lubang-hidung-ini-yang-perlu-dilakukan
Sebagian orang memiliki bulu hidung yang tebal dan panjang. Jerawat bisa sangat mengganggu, terutama jika muncul di dalam lubang hidung. Selain terasa perih dan sakit, jerawat di tempat ini juga sulit diatasi sehingga banyak yang merasa menderita lahir batin. (Sumber: Sonora.id)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jerawat bisa sangat mengganggu, terutama jika muncul di dalam lubang hidung. Selain terasa perih dan sakit, jerawat di tempat ini juga sulit diatasi sehingga banyak yang merasa menderita lahir batin.

Namun, sebelum Anda mencoba memecahkannya, kami bertanya kepada ahli dermatologi apa yang mereka sarankan, seperti laporan Real Simple bulan Juni 2024.

Bagaimana Jerawat Bisa Muncul di Dalam Lubang Hidung

Menurut Dr. Kenneth Mark, seorang dermatologis kosmetik, ada banyak alasan mengapa jerawat bisa muncul di dalam hidung.

"Pori-pori tersumbat, rambut yang tumbuh ke dalam, atau peradangan pada folikel rambut di dalam hidung bisa menyebabkan jerawat."

Yang Harus Dilakukan Jika Tumbuh Jerawat di Dalam Lubang Hidung

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk mengutak-atik, bahkan memencet jerawat itu, Dr. Sandra Lee, alias Dr. Pimple Popper, menyarankan anda untuk menahan diri.

"Jerawat di hidung sangat sakit karena banyak ujung saraf sensorik di hidung, dan peradangan menyebabkan pembengkakan, yang menyebabkan rasa sakit. Sulit untuk tidak memegang atau menggosok hidung, tetapi usahakan untuk tidak melakukannya." Mengapa? Menekan dan memencet area tersebut bisa memperburuk masalah. "Ini bisa membuat jerawat semakin besar dan lebih sakit," ujar Dr. Sandra LEE

Ini Cara Mengatasi Jerawat di Dalam Lubang Hidung

Hindari keinginan untuk memecahkan jerawat Anda. Pokoknya hindari sekuat jiwa dan raga. Dr. Lee mengatakan Anda harus menunggu hingga muncul kepala putih.



Sumber : Real Simple / IAC / Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x