Kompas TV regional jabodetabek

Cerita Hendro yang Ditinggal Bus Mudik Gratis karena Jadwal Berubah Mendadak: Kok Jadi Begini?

Kompas.tv - 18 April 2023, 10:34 WIB
cerita-hendro-yang-ditinggal-bus-mudik-gratis-karena-jadwal-berubah-mendadak-kok-jadi-begini
Hendro, salah satu peserta mudik gratis dari Pemprov DKI Jakarta yang ketinggalan bus, Senin (17/4/2023). ( Sumber:TRIBUNJAKARTA.COM/Ega Alfreda )
 
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hendro hanya bisa terduduk lesu di kursi yang sudah disediakan di kawasan silang Monas Jakarta.

Tatapan sedih terlihat saat bus-bus yang membawa rombongan peserta mudik gratis yang diadakan oleh Pemprov DKI, berlalu dari tatapannya. Hendro tertinggal bus yang sedianya akan membawanya ke kempung halaman di Wonogiri, Jawa Tengah.

Hendro hanya bisa tertegun. Sebab, dia sebenarnya bersiap sesuai jadwal yakni pukul 10.00, Nyatanya, pada saat tiba pukul 09.00 bus gratis itu sudah berangkat menuju Wonogiri.  

Baca Juga: Gandeng TNI, Kapolri Bentuk Satgas Khusus Amankan Jalur Rawan Begal pada Mudik Lebaran 2023

"Makanya, kok jadi begini? Kalau tahu berangkat jam 08.00 ya tentu saya lebih pagi lagi datang ke sini," kata Hendro dikutip dari TribunJakarta.com, Senin (17/4/2023).

Ternyata Hendro tidak sendirian, sejumlah pemudik pun mengalami nasib yang sama dengannya, ditinggalkan bus mudik gratis. "Ini yang di sini semua itu yang ketinggalan bus," katanya sambil menunjuk ke beberapa pemudik yang senasib dengannya. 


Namun setelah menunggu selama sejam, Hendro dan sejumlah pemudik lainnya akhirnya mendapat titik terang. Mereka diakomodasi oleh petugas Dishub untuk menaiki bus yang tersisa. Namun sayang, bus itu tidak sampai ke Wonogiri, tapi hanya sampai tujuan Solo, Jawa Tengah. Hendro pun hanya bisa pasrah. "Ya, mau bagaimana lagi? katanya.
 
Meski terlihat agak kecewa, namun dia berusaha sedikit tersenyum dengan bus yang dia tumpangi ini. "Daripada enggak ada sama sekali, mendingan naik saja ini," ucap Hendro. 

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyatakan, terdapat 24.164 peserta program mudik gratis pada Lebaran 2023. Jumlah tersebut terdiri dari peserta arus mudik serta arus balik. "Animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi. Dari hasil verifikasi, terdapat 24.164 penumpang yang akan mudik," tutur Kepala Dishub DKI Jakarta di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023). 

Baca Juga: Karena Mudik Gratis Pemprov DKI, Deni Akhirnya Berlebaran di Yogyakarta setelah 10 Tahun

Syafrin merinci, dari 24.164 penumpang, 13.541 orang di antaranya berangkat mudik dari kawasan Monas. Secara bergantian, belasan ribu penumpang itu berangkat dengan menggunakan 284 bus.




Sumber : Kompas TV/TribunJakarta


BERITA LAINNYA



Close Ads x