Kompas TV regional bali nusa tenggara

Di Gili Trawangan, Gerhana Matahari Hibrida Jadi Tontonan Turis Asing

Kompas.tv - 20 April 2023, 12:50 WIB
di-gili-trawangan-gerhana-matahari-hibrida-jadi-tontonan-turis-asing
Anna dan Julia, dua gadis belia asal Ukraina, tampak mengabadikan fenomena alam langka gerhana matahari hibrida dari area Pelabuhan Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (20/4/2023). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Fenomena gerhana matahari hibrida yang terjadi hari ini, Kamis (20/4/2023), menuai perhatian banyak kalangan, tak terkecuali para turis. 

Di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), sejumlah turis asing tampak menonton fenomena alam langka itu dari area pantai dan ruas jalan utama di pulau berpasir putih itu. Mereka juga mengabadikan gerhana matahari itu dengan kamera dan ponsel mereka. 

Anna, misalnya. Gadis asal Ukraina itu tampak sibuk mengabadikan gerhana matahari dengan ponselnya di area pelabuhan Gili Trawangan. Di sisinya, Julia kawannya juga melakukan hal serupa.

“It’s beautiful!” serunya mengomentari fenomena alam gerhana matahari hibrida itu.

Gadis belia berambut cokelat itu mengaku baru mengetahui fenomena alam itu beberapa menit sebelumnya dari internet.

“Saya baru tahu soal gerhana matahari ini dari internet lima menit lalu, makanya kami lalu mengabadikan fenomena ini,” tuturnya pada Kompas.tv, Kamis (20/4).

Baca Juga: Cara dan Niat Salat Kusuf hingga Jam Berapa Gerhana Matahari Hibrida Terjadi di Indonesia?

Fenomena gerhana matahari ini disebutnya istimewa karena hanya terjadi dalam rentang waktu tertentu. 

“Dari internet, mereka bilang gerhana seperti ini hanya akan ada lagi tahun 2049. Berarti tidak akan ada lagi selama 26 tahun,” ujar gadis belia yang sudah dua kali menginjakkan kaki di Gili Trawangan ini.

“Ya, ini spesial!” imbuh Julia temannya.

Sejumlah turis asing tampak mengabadika fenomena alam langka gerhana matahari hibrida di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (20/4/2023). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)

Senada dengan Anna dan Julie, Henny dari Belanda pula tak mau ketinggalan mengabadikan fenomena gerhana matahari hibrida lewat ponselnya. 

Henny menyebut, ia pula tak menyadari adanya fenomena alam langka itu.

“Saya tak tahu sebelumnya. Saya cuma lihat orang-orang pada mendongak ke atas, melihat sesuatu di atas. Oh, ternyata gerhana matahari,” tuturnya tertawa. 

“It’s wonderful!” komentarnya.

Pantauan gerhana matahari hibrida dari Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (20/4/2023). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)

Di NTB sendiri, khususnya di kawasan tiga Gili di Lombok Utara, fenomena gerhana matahari hibrida berlangsung sejak pukul 11.40 WITA. Saat gerhana matahari hibrida berlangsung, suasana di Gili Trawangan yang semula cerah, perlahan meredup seperti mendung. Sejumlah warga dan wisatawan asing tampak mengabadikan fenomena alam langka itu.

Selepas pukul 13.15 WITA, suasana perlahan kembali cerah, dan matahari kembali bersinar menyengat.

Baca Juga: Gerhana Matahari Hibrid Terjadi Hari Ini, Tempat Ini Disebut Lokasi Terbaik untuk Melihatnya


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x