Kompas TV regional jabodetabek

Bertugas Saat Lebaran, Penjaga Harimau Benggala Ragunan Rindu Mudik Kampung Halaman

Kompas.tv - 24 April 2023, 17:51 WIB
bertugas-saat-lebaran-penjaga-harimau-benggala-ragunan-rindu-mudik-kampung-halaman
Penjaga harimau benggala Taman Margasatwa Ragunan Ibnu Triputro tidak bisa mudik selama 3 tahun karena menjaga Margo. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV- Taman Margasatwa Ragunan menjadi salah satu tempat wisata favorit saat libur Lebaran.

Selain tiketnya yang murah, masyarakat bisa melihat beraneka satwa dan sekaligus piknik di area Ragunan yang luas dan rindang. 

Namun, di balik kemeriahan libur Lebaran di Ragunan, ada sosok penjaga (zookeeper) harimau benggala yang tidak bisa mudik saat Hari Raya Idul Fitri. 

"Sudah tiga tahun saya tidak mudik, memang kalau 'zookeeper' itu tidak ada istilah mudik," kata penjaga harimau benggala Taman Margasatwa Ragunan Ibnu Triputro, seperti dikutip dari Antara, Minggu (24/4/2023).

Ibnu (28) mengaku tidak bisa mudik lantaran setiap harinya harus menjaga sejumlah satwa harimau di tempat wisata tersebut.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Taman Margasatwa Ragunan dan Ancol Saat Libur Lebaran 2023

Terlebih, pihaknya juga harus bergantian dengan penjaga lainnya sesuai jadwal piket sehingga para satwa memang tak bisa ditinggalkan lantaran masih harus dipastikan kebutuhan hariannya.

Selain itu, dia juga tak tega meninggalkan harimau yang telah dijaganya sejak kecil di Taman Margasatwa Ragunan, lantaran sudah diperlakukan layaknya peliharaan sendiri.

"Tentu sedih kalau semisal mereka meninggal, khawatir juga, sama halnya seperti kita punya peliharaan terus ditinggal, kan pasti sedih," ujar Ibnu. 

Dia turut menerangkan, perawatan pada harimau harus terlindung dan dipastikan aman lantaran pada kebun binatang para harimau ini dilepas dan tidak dijinakkan.



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x