Kompas TV regional bali nusa tenggara

Pagelaran Ogoh - Ogoh Kolosal GWK Termegah Di Bali Tahun 2023

Kompas.tv - 25 April 2023, 09:25 WIB
pagelaran-ogoh-ogoh-kolosal-gwk-termegah-di-bali-tahun-2023
Foto : Salah satu peserta Ogoh-Ogoh Kolosal GWK (Sumber: Kompas TV Dewata)
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Garuda Wisnu Kencana Cultural Park sukses menggelar event Festival Ogoh Ogoh yang diadakan 1 (satu) bulan penuh dan ditutup dengan Pagelaran Ogoh Ogoh Kolosal yang Spektakuler dan Termegah tahun 2023 di Bali. Penampilan lebih dari 1.000 seniman Bali yang tergabung dalam sanggar seni Saba Sari bersama Palawara musik company, wayang sunar dan BME Bali menjadikan event Pagelaran Ogoh Ogoh Kolosal di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park sangat spektakuler dan termegah di Tahun 2023, serta memberikan moment yang berbeda kepada warga Bali dan Pengunjung di liburan panjang Idul Fitri tahun ini.

Pagelaran Ogoh Ogoh Kolosal ini sebagai acara puncak sekaligus penutupan dari Festival Ogoh Ogoh GWK 2023 bertajuk "Pangurip Tejaning Biomantara" yang artinya mengobarkan kembali semangat api jiwa semesta dalam berkarya dan berkreatifitas (Ignite The Ardor Of Universe). Dalam pagelaran ini menceritakan prosesi mulai dari upacara melasti, pengerupukan, hingga pembakaran oleh sang Maestro Ogoh Ogoh Bali Marmar Herayukti yang membuat decak kagum para pengunjung yang hadir di area Festival Park kawasan Garuda Wisnu Kencana.

Dengan menampilkan 10 Ogoh Ogoh terbaik Kabupaten Badung serta 1 (satu) Ogoh Ogoh "Saranatamantra" yang dibalut dalam 1 (satu) Pagelaran ditampilkan dengan lighting dan audio yang spektakuler menjadikan Pagelaran Ogoh Ogoh Kolosal ini salah satu event Pagelaran Ogoh Ogoh terbaik di Bali.

"Pagelaran Ogoh Ogoh Kolosal ini merupakan bentuk dukungan Garuda Wisnu Kencana dalam pelestarian karya Seni dan Budaya Bali, event Pagelaran Ogoh Ogoh ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun dan akan menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Badung & Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung" Ucap Andre Prawiradisastra, Head Of Division Marketing Communication & Event GWK Cultural Park.

Foto : Salah satu Peserta Pagelaran Ogoh-ogoh Kolosal GWK (Sumber: Kompas TV Dewata)

Stefanus Yonathan Astayasa selaku Operational Director GWK Cultural Park mengatakan "Festival Ogoh-ogoh Kolosal ini berbeda dengan festival ogoh ogoh sebelumnya, sekarang kami tampilkan secara kolosal sebanyak sepuluh Ogoh-ogoh terbaik se-Badung dan satu Ogoh-ogoh dari sang maestro Marmar Herayukti. Dengan adanya kegiatan tahunan Pagelaran Ogoh Ogoh Kolosal ini menambah kecintaan masyarakat terhadap seni Budaya Bali, dan kami akan melakukan event yang lebih spektakuler lagi di tahun tahun berikutnya"

Tentang Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park merupakan sebuah wisata taman budaya seluas ± 60ha yang terletak di Ungasan, Kabupaten Badung, sekitar 10-15 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Sejak tahun 2012, dibawah manajemen PT Alam Sutera Realty Tbk, GWK hadir dengan berbagai peremajaan fasilitas. Pembenahan sarana dan prasarana di kawasan utama GWK Cultural Park seperti di Plaza Wisnu, Lotus Pond, Festival Park, Amphitheater, Taman Indraloka, Tirta Agung dan lain sebagainya dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Foto : Salah Satu Peserta Pagelaran Ogoh-ogoh Kolosal GWK (Sumber: Kompas TV Dewata)

Pada tahun 2018 Patung GWK yang menjadi ikon Indonesia diresmikan oleh Bpk Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Kawasan GWK Cultural Park terdiri dari beberapa venue antara lain Plaza Wisnu, Lotus Pond, Festival Park yang memiliki luas area hingga 5.000 meter persegi dan kerap menjadi venue pelaksanaan event besar berskala nasional maupun internasional. Amphitheater yang menjadi venue pertunjukan seni dan budaya memiliki daya tampung hingga 500 tempat duduk. Sebagai salah satu destinasi pariwisata abad ke-21, GWK saat ini berkembang menjadi taman budaya yang menyuguhkan berbagai acara yang meliputi pertunjukkan budaya, atraksi hiburan, beragam karya seni patung juga dan juga seni lansekap tebing-tebing kapur yang unik.

Selain itu GWK juga menawarkan destinasi wisata kuliner dengan pesona Bukit Ungasan di Jendela Bali dan Beranda Resto. Bermacam cinderamata unik dan menarik tersedia di Kencana Souvenir.

 

 

 

 

#GWK #culturalpark #pagelaranogohogoh 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x