Kompas TV regional jabodetabek

Fenomena Bulan Purnama, Banjir Rob DKI Jakarta Berpotensi Terjadi hingga 8 Juni 2023

Kompas.tv - 2 Juni 2023, 07:08 WIB
fenomena-bulan-purnama-banjir-rob-dki-jakarta-berpotensi-terjadi-hingga-8-juni-2023
Truk melewati areal banjir rob akibat kenaikan air laut di pesisir Jakarta pada Selasa (7/12/2021). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga pesisir ibu kota untuk berhati-hati terhadap potensi banjir rob antara 1 dan 8 Juni 2023. (Sumber: Kompas. TV/Ant/Akbar Nugroho Gumay)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga pesisir ibu kota untuk berhati-hati terhadap potensi banjir rob antara 1 dan 8 Juni 2023.

Fenomena ini diperkirakan terjadi karena adanya peningkatan ketinggian pasang air laut yang dipicu oleh bulan purnama atau full moon pada 3 Juni dan fenomena perigee, jarak terdekat antara bumi dan bulan, pada 6 Juni 2023.

"Berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB) pada pukul 19.00-01.00 WIB," ungkap BPBD DKI Jakarta dikutip dari akun BPBD DKI Jakarta di Instagram.

Baca Juga: 14 Desa Terendam Banjir, 1 Orang Meninggal

Berdasarkan pemetaan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada sembilan wilayah di ibu kota yang berpotensi terdampak banjir rob.


Wilayah tersebut adalah Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal Marunda, Cilincing, dan Kalibaru.

Baca Juga: Jadi Biang Macet, Satpol PP Bogor Tertibkan Ratusan Lapak Liar di Gunung Mas Puncak!

Banjir rob akan muncul pukul 19.00-01.00 WIB, masyarakat di wilayah tersebut diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketingian pasang air laut. 

BPBD DKI Jakarta mengatakan kewaspadaan dan kesiapsiagaan ini penting untuk mencegah dan memitigasi dampak yang mungkin timbul akibat banjir rob ini.

Baca Juga: 2 Hari Hilang, ABK Ditemukan Tewas Terjepit di Lambung Kiri Kapal Proyek Makassar New Port



Sumber : Kompas TV, bmkg.go.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x