Kompas TV regional kalimantan

Penuhi Ketentuan, 103,2 Persen Kebun Sawit PTPN XIII Dikelola bersama Petani Lokal

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 11:55 WIB
penuhi-ketentuan-103-2-persen-kebun-sawit-ptpn-xiii-dikelola-bersama-petani-lokal
103,2 Persen Kebun Sawit PTPN XIII Dikelola Bersama Petani Lokal (Sumber: PTPN XIII)
Penulis : KompasTV Pontianak

KOMPAS.TV - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIII yang mengelola 56.885,23 hektare perkebunan sawit inti turut melakukan kemitraan dengan ribuan petani plasma dengan total luas lahan masyarakat mencapai 58.757,62 hektare atau 103,2 persen dari kebun inti yang dikuasai.

Baca Juga: SAMADE: PalmCo Akan Untungkan Masyarakat dan Industri Sawit Nasional

"Saat ini PTPN XIII mengelola 56.885,23 hektare perkebunan sawit inti, dan memiliki kebun plasma (petani mitra) dengan total luas mencapai 58.757,62 hektare, atau sekitar 103,2 persen dari kebun inti. Artinya, PTPN XIII telah melewati mandatory 20 persen kebun plasma. Bahkan, dengan persentase di atas, PTPN XIII juga menjadi salah satu entitas Korporasi Sawit di Kalimantan dengan persentase plasma yang besar dibandingkan perusahaan sawit lain yang ada," ujar Rizal H. Damanik, Direktur PTPN XIII.

103,2 Persen Kebun Sawit PTPN XIII Dikelola Bersama Petani Lokal (Sumber: PTPN XIII)

Baca Juga: Bukti Transformasi, PTPN XIII Raih Berbagai Penghargaan di Semester I 2023

Dari 58.757,62 hektare perkebunan sawit mitra, ia mengatakan 13.825,91 hektare diantaranya telah melaksanakan program peremajaan sawit rakyat (PSR). Azizah Kepala Bagian Plasma PTPN XIII menuturkan, saat ini ribuan petani plasma PTPN XIII yang melaksanakan program PSR telah menikmati hasil panen dengan produktivitas jauh di atas 
standar nasional.

Selain itu, para petani juga kian kuat karena perkebunan petani yang melaksanakan kemitraan PSR dapat panen lebih cepat. 

"Kami sangat bersyukur, petani sawit telah memberikan kepercayaan kepada PTPN XIII untuk menjadi mitra dalam meningkatkan ekonomi masyarakat," tutupnya.

103,2 Persen Kebun Sawit PTPN XIII Dikelola Bersama Petani Lokal (Sumber: PTPN XIII)

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x