Kompas TV regional jabodetabek

Canda Heru Budi soal Solusi Pencemaran Udara Jakarta: Saya Tiup Aja

Kompas.tv - 13 Juni 2023, 05:45 WIB
canda-heru-budi-soal-solusi-pencemaran-udara-jakarta-saya-tiup-aja
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ditemui di kawasan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Senin (12/6/2023). (Sumber: Tria Sutrisna/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bercanda ketika ditanyai soal solusi pencemaran udara di ibu kota. Heru mengaku akan meniup polusi dari kawasan industri di wilayah penyangga yang berembus ke Jakarta.

"Iya, saya tiup saja," ujar Heru sambil memeragakan cara meniup udara kotor saat ditemui awak media, Senin (12/6/2023).

Setelah bercanda, Heru tidak menjelaskan apa langkah Pemprov DKI Jakarta mengatasi polusi udara dari kawasan industri.

Baca Juga: Lebaran Usai, Jakarta Bersiap Diserbu 40.000 Pendatang Baru, Ini Langkah yang Diambil Heru Budi

Akan tetapi, Heru justru mengatakan solusi pencemaran udara dari pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor. Solusinya, menurut Heru, adalah penggunaan kendaraan listrik di masyarakat.

"Ya dipercepat motor listrik, mobil listrik, terus bahan bakarnya yang memang memenuhi syarat. Ya, harus semua pihak mengikuti, lah," kata Heru sebagaimana dikutip Kompas.com.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyebut memburuknya kualitas udara DKI Jakarta tak bisa dilepaskan dari emisi yang dihasilkan kawasan industri di wilayah penyangga.

"Karena adanya pergerakan polutan akibat pola angin yang membawa polutan bergerak dari satu lokasi ke lokasi yang lain," kata Subkoordinator Kelompok Pemantauan Lingkungan Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Rahmawati pada Kamis (8/6) lalu.

Baca Juga: Jenazah Korban yang Ditusuk Anggota TNI di Jakarta Tiba di Rumah Duka


 

 

 




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x