Kompas TV regional jawa tengah dan diy

KPU Jateng Buka Lowongan Calon Anggota di 23 Kabupaten-Kota

Kompas.tv - 16 Juni 2023, 11:28 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Provinsi Jawa Tengah membuka pendaftaran calon anggota KPU di 23 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah, untuk periode jabatan 2023 hingga 2028.

Pengumuman pendaftaran calon anggota KPU kabupaten/kota di Jawa Tengah ini dilaksanakan selama tujuh hari, mulai dari hari Selasa (13/6/2023) hingga Senin (19/6/2023). Sementara untuk pendaftaran calon anggota KPU sendiri dibuka selama 12 hari, mulai dari hari pertama pengumuman pembukaan pendaftaran hingga Sabtu 24 Juni 2023 nanti.

Berdasarkan kebutuhan masing-masing daerah, setidaknya kabupaten dan kota membutuhkan lima orang anggota komisioner, sedangkan untuk provinsi membutuhkan tujuh orang anggota komisioner. Para calon anggota yang ingin mengikuti seleksi diimbau untuk mengecek kelengkapan dokumen fisik. meskipun bisa melalui pendaftaran online, namun dokumen fisik lebih penting.

“Pendaftaran sudah ada sampai proses akhir seleksi penyampaian nama ke KPU RI. Ini kayaknya periode ini berbenturan dengan seleksi Bawaslu kabupaten/kota juga. Kita berharap terpenuhi, jangan ada perpanjangan pendaftaran,” kata Rudinal B, Sekretaris KPU Provinsi Jawa Tengah.

 Untuk mempercepat upaya dan langkah-langkah seleksi calon anggota KPU, tim seleksi pun sudah dibentuk oleh KPU Provinsi Jateng. Setidaknya ada lima tim seleksi yang dibagi untuk menangani 23 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah dengan masing-masing tim memiliki lima anggota. Karena bertepatan juga dengan pendaftaran calon anggota Bawaslu Jawa Tengah, tim seleksi calon anggota Kpu Jawa Tengah berharap antusiasme dari pendaftar tetap tinggi. Tahapan untuk calon anggota KPU kabupaten/kota di Jawa Tengah sendiri berlangsung hingga akhir Juli 2023.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x