Kompas TV regional berita daerah

Tim DKP3 Sragen Periksa Kesehatan Hewan Ternak Menjelang Idul Adha

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 09:33 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Menjelang Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Sragen gencar melakukan pemeriksaan hewan ternak yang tersebar di 20 kecamatan. Tim dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) selain memeriksa kondisi hewan ternak, juga memberikan vitamin, obat cacing hingga semprotan disinfektan untuk area kandang ternak.

 

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, tidak ditemukan hewan ternak yang terkena PMK maupun LSD. Hanya ditemukan penyakit kulit dan mata pada hewan ternak. Menurut Koordinator Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DKP3 Sragen, Ana Margaretha, syarat hewan ternak dapat dikonsumsi yaitu kondisi hewan sehat dan tidak cacat. Apabila ditemukan hewan ternak dalam kondisi sakit, maka dilakukan isolasi dan pengobatan.

 

Selain pengecekan di peternakan, juga dilakukan pengecekan di pasar hewan di seluruh wilayah Sragen. Diperkirakan sekitar 9000 ekor sapi atau sepuluh persen dari jumlah populasi sapi di Sragen disiapkan untuk menjadi hewan kurban. Sementara untuk kambing disiapkan 14 ribu ekor atau 10 persen dari jumlah populasi sebanyak 140 ribu ekor.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x