Kompas TV regional jabodetabek

Heru Budi di Ulang Tahun 496 Jakarta: Terus Menjadi Kota Tangguh Sejajar Kota-kota Maju di Dunia

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 11:36 WIB
heru-budi-di-ulang-tahun-496-jakarta-terus-menjadi-kota-tangguh-sejajar-kota-kota-maju-di-dunia
 Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono usai upacara hari ulang tahun Jakarta ke 496 di Monas (Sumber: Antara)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut perjalanan panjang Jakarta di ulang tahunnya ke-496,  terus berupaya menjadi kota tangguh sejajar dengan kota-kota maju di dunia. 

"Saat memasuki usia ke-496, Jakarta terus berupaya menjadi kota yang tangguh, sejajar dengan kota-kota maju di dunia dan menjadi tuan rumah bagi berbagai perhelatan acara penting berskala internasional," kata Heru saat memberikan sambutan dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-496 DKI Jakarta di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023).

Selain itu, Heru juga memaknai hari jadi kota Jakarta ini sebagai refleksi perjalanan panjang dalam menghadapi berbagai tantangan.

Baca Juga: Transaksi Jakarta Great Sale Capai Rp3,2 T Per Juni 2023, Ini Daftar 94 Mall yang Beri Diskon

"Saat ini kita tidak hanya merayakan pergantian usia tetapi juga merefleksikan perjalanan panjang dan perubahan yang telah dialami oleh Kota Jakarta yang kita cintai," kata Heru. Dia berterima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat yang berperan dalam kemajuan Kota Jakarta.
 
Sebagai sebuah kota yang hampir berusia 500 tahun, kata Heru, Jakarta telah menunjukkan karakter dan ketahanan yang luar biasa dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan.
 
"Dimulai dari sebuah kota pelabuhan bernama Sunda Kelapa yang menjadi tempat perdagangan rempah kemudian berganti nama menjadi Jayakarta di bawah kepemimpinan Fatahillah dan menjadi pusat pemerintahan kolonial Hindia-Belanda yang dikenal sebagai Batavia," ujar Heru dikutip dari Antara.


Selain itu, Heru menjelaskan bahwa selama lebih dari tujuh dasawarsa, Ibu Kota Jakarta telah menjadi tujuan bagi penduduk dari berbagai daerah di Indonesia yang ingin meningkatkan kualitas hidup.

Pertumbuhan dan transformasi telah mengubah Jakarta dari kota kecil menjadi kota megapolitan yang menjadi pusat pergerakan aktivitas nasional.

Baca Juga: Pimpin Upacara HUT DKI Jakarta, Heru Budi Bicara soal Nasib Jakarta setelah Bukan Lagi Ibu Kota

Upacara ulang tahun Kota Jakarta ini sudah dimulai sejak 07.15 WIB. Satu persatu barisan peserta memasuki lokasi acara mulai dari unsur masyarakat, Abang-None Jakarta, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan juga unsur dari TNI-Polri.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x