Kompas TV regional papua maluku

Tim SAR Gabungan Tiba di Lokasi Bangkai Pesawat SAM Air, Korban akan Dievakuasi ke Wamena

Kompas.tv - 25 Juni 2023, 10:55 WIB
tim-sar-gabungan-tiba-di-lokasi-bangkai-pesawat-sam-air-korban-akan-dievakuasi-ke-wamena
Kondisi pesawat Sam Air PK-SMW yang sebelumnya hilang kontak, ditemukan dalam keadaan hancur di sebuah bukit di Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat (23/6/2023). (Sumber: Dok Basarnas Jayapura/Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Tim Search and rescue (SAR) gabungan telah tiba di lokasi bangkai pesawat Semuwa Air (SAM Air) dan akan segera mengevakuasi enam korban ke Wamena, Jayawijaya, Papua Pegunungan.

Komandan Lanud Silas Papare Marsma M. Dadan Gunawan memastikan enam personel tim SAR gabungan itu telah mencapai titik lokasi bangkai pesawat SAM Air pada Sabtu (24/6/2023) kemarin. 

Marsma Dadan mengungkapkan, enam orang itu terdiri dari tiga orang Komando Pasukan Gerah Cepat (Kopasgat) TNI Angkatan Udara dan tiga dari SAR Papua.

Pagi ini, Minggu (25/6), kata dia, mereka akan mengevakuasi korban jatuhnya pesawat SAM Air dan segera membawa para korban ke Wamena untuk selanjutnya dibawa ke Jayapura, Papua.

Tim SAR Gabungan segera mendata muatan serta para korban jatuhnya pesawat SAM Air.

Ia menjelaskan, enam personel SAR gabungan tersebut tak diturunkan tepat di lokasi kecelakaan karena kondisi bukit yang sangat curam. Mereka diturunkan beberapa ratus meter di atas lokasi bangkai pesawat. 

Baca Juga: Update Kecelakaan Pesawat SAM Air: Evakuasi Penumpang Lewat Jalur Udara, Tim SAR Gabungan Dikerahkan

Para personel itu pun harus menuruni bukit menggunakan peralatan yang mereka bawa.

"Mereka diturunkan sekitar 100 meter di atas lokasi bangkai pesawat," kata Marsma Dadan, Sabtu (24/6) dilansir dari Kompas.com.

Sementara itu, helikopter Caracal yang mengantar para personel sudah kembali ke Wamena dengan status siaga.

"Mereka sudah berhasil turun ke lokasi kejadian dan sudah dilengkapi alat komunikasi, helikopter kembali ke Wamena," kata dia.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Pesawat SAM Air dengan nomor penerbangan PK-SMW ditemukan terjatuh dan terbakar di Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat (23/6).

Pesawat itu sempat hilang kontak usai terbang selama tujuh menit saat melakukan penerbangan dengan rute Bandara Elelim-Bandara Poik, Distrik Welarek, pada Jumat (23/6) siang.

Baca Juga: Ini Data Korban Kecelakaan Pesawat SAM Air yang Jatuh di Papua Pegunungan

Akibat kecelakaan tersebut, enam orang yang terdiri dari empat penumpang dan 2 orang kru pesawat menjadi korban.

Tim SAR gabungan yang menggunakan sebuah helikopter dari Wamena, kemudian menemukan bangkai pesawat dalam kondisi masih berasap. Lokasinya hanya 12 Km dari Bandara Elel atau tepatnya di Kampung Wara, Distrik Welarek.


 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x