Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jasa Potong Hewan Kurban di RPH Alami Penurunan Tahun Ini

Kompas.tv - 30 Juni 2023, 10:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Di Hari Raya Idul Adha, rumah pemotongan hewan (RPH) Penggaron Kota Semarang, menerima pesanan pemotongan hewan kurban sejumlah 80 ekor sapi dan 20 ekor kambing. Jumlah ini berkurang dibanding dengan tahun 2022 kemarin, karena adanya perubahan status pandemic, sehingga beberapa pelanggan beralih memotong hewan kurban di masjid masing-masing.

Untuk tetap menjaga kualitas hewan kurban, rumah RPH rutin melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, jasa penyembelihan professional, hingga akhirnya daging kurban didistribusikan.

Kelebihan lain yang bisa didapatkan pelanggan jika menggunakan jasa potong RPH adalah, limbah hasil kurban dikelola dengan baik, dan RPH memiliki juru sembelih halal, sehingga banyak pelanggan yang lebih memilih untuk memanfaatkan jasa rumah pemotongan hewan untuk melaksanakan kurban.

"Secara keseluruhan penyembelihan tahun ini berkurang dari tahun kemarin. Karena dibukanya status pandemi itu menyebabkan animo masyarakat memotong hewan kurban di masjid tinggi. Jadi banyak pelanggan kami yang memotong hewan kurban di masjid masing-masing," kata Ika Nurawati, Kepala Unit Rph BHP Kota Semarang.

Tarif jasa pemotongan hewan kurban mulai dari Rp 300.000 untuk satu ekor kambing. Sementara untuk satu ekor sapi berkisar Rp 1,2 juta  hingga Rp 1,7 juta, tergantung berat badan sapi, harga ini belum termasuk biaya merajang.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x