Kompas TV regional sulawesi

Sate Balanga, Menu Utama Saat Idul Adha di Gorontalo

Kompas.tv - 4 Juli 2023, 18:01 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GORONTALO, KOMPAS.TV - dimomen idul adha, warga menyajikan sate balanga dari hewan kurban yang disembelih sebagai menu utama untuk keluarga dan para tamu.

Idul adha identik dengan penyembelihan sapi kurban atau kambing,momen ini  banyak dimanfaatkan oleh umat muslim menyajikan masakan dari hewan kurban. Di gorontalo ,sapi kurban yang disembelih saat idul adha dijadikan sebagai momen menyajikan makanan khas gorontalo yakni sate balanga.

Seperti yang dilakukan oleh keluarga taflin zakaria warga kelurahan dembe satu kota barat,kota gorontalo. Setiap idul adha tiba,keluarga ini menyediakan sate balanga yang disajikan untuk keluarga atau tamu yang datang bersilaturahim.

Sate balanga yang memiliki rasa yang khas menjadi favorit para tamu yang datang karena hanya disajikan saat idul adha.

Untuk membuat sate balanga cukup mudah, daging sapi di potong dengan ukuran kecil seperti halnya menbuat sate pada umumnya,kemudian bumbu seperti cabai,bawang merah, bawang putih, jintan ketumbar dan kacang tanah di blender atau di tumbuk halus.

Setelah bumbunya dimasak lalu daging dicampurkan dan dimasak hingga matang.

 sate balanga menjadi menu utama di keluarga taflin karena selain menjadi salah satu masakan khas gorontalo,menu sate balanga sudah menjadi tradisi turun temurun

di keluarga taflin saat idul adha tiba.

Bagi keluarga taflin penyajian sate balanga di idul adha buka hanya sekedar menikmati makanan,namun lebih mempererat tali silaturahim antar keluarga dan sesama umat muslim di gorontalo.

#menukhasiduladha
#kulinergorontalo
#satebalanga



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA


Close Ads x