Kompas TV regional berita daerah

Sekolah Swasta Jadi Alternatif Siswa Tak Lolos Zonasi di Pekalongan

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 20:26 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sejumlah calon siswa sekolah menengah atas di Kota Pekalongan mulai mendatangi sekolah-sekolah swasta untuk mendaftar sebagai peserta didik baru. Mereka mendaftar ke sekolah swasta setelah tidak lolos seleksi pada penerimaan peserta didik baru sistem zonasi pada sekolah negeri. Meski harus ke sekolah swasta, calon siswa tetap memilih sekolah swasta dengan prestasi dan rekam jejak yang baik, sehingga sekolah swasta menurut calon siswa bisa menjadi alternatif melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

 

Usai hasil seleksi PPDB sistem zonasi diumumkan, pendaftar di sekolah swasta meningkat dua kali lipat. Salah satunya di SMA Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan ini. Dari awalnya pendaftar hanya 60 siswa, melonjak menjadi 122 siswa.

 

PPDB jalur zonasi yang diatur dalam Permendikbud bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas tanpa diskriminasi dengan harapan kualitas pendidikan bisa merata. Untuk SMP dan SMA, zonasi minimal 50 persen dari kuota siswa baru.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x