Kompas TV regional berita daerah

Monyet Ekor Panjang di Semarang Merambah ke Pemukiman Warga

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 20:35 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Tingginya populasi monyet ekor panjang di kawasan sekitar Waduk Jatibarang dan Goa Kreo Gunungpati Semarang mulai merambah ke pemukiman warga akibat semakin sempitnya lahan serta bahan makanan yang biasa dikonsumsi monyet ekor panjang.

 

Populasi monyet ekor panjang yang terbagi dalam tiga kelompok ini ada di Goa Kreo, sekitaran Waduk Jatibarang serta kawasan TPA Jatibarang. Untuk populasi monyet ekor panjang di kawasan Waduk Jati Barang dan TPA Jatibarang, saat ini sudah mulai masuk pemukiman untuk mencari bahan makanan. Sedangkan untuk kawasan Goa Kreo, monyet ekor panjang mulai menyerang pedagang untuk mencari bahan makanan akibat semakin banyaknya populasi dan sempitnya bahan makanan akibat tidak musim kemarau.

 

Salah satu pedagang mengaku bahwa monyet ekor panjang sering mengambil makanan ataupun minuman saat kondisi tidak ada makanan. Selain berjaga di depan warung, dirinya juga mengantisipasi dengan membawa tongkat untuk mengusir monyet ekor panjang.

 

Dalam melakukan antisipasi meningkatnya jumlah populasi monyet ekor panjang di tiga lokasi itu, Kepala UPTD Goa Kreo Semarang sudah melakukan koordinasi dengan BKSDA serta pihak warga Jatibarang Semarang. Pasalnya, meningkatnya populasi monyet ekor panjang sudah mulai masuk ke pemukiman warga.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x