Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pengamat Pendidikan Dukung Penambahan SMA Negeri di Semarang

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 12:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ditemui di ruang kerjanya, Ngasbun Egar menyatakan mendukung penuh usulan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, yang meminta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk menambah sekolah SMA negeri di Kota Semarang.

Menurutnya penambahan SMA negeri mendasar mengingat jumlah lulusan SMP baik negeri dan SMP swasta jumlahnya banyak, sementara jumlah SMA negeri hanya ada 15 sekolah di Kota Semarang. Belum lagi adanya permasalahan lokasi di mana banyak sekolah SMA negeri berada di pusat kota, jauh dari permukiman warga. Sementara ada daerah yang tidak memiliki SMA negeri.

“Yang paling mendesak menurut saya adalah bagaimana kemudia pemerintah menambah satua-satuan pendidikan atau sekolah-sekolah itu untuk mencukupi. Kalo tadi dikatakan misalnya di Kota Semarang belum mencukupi jumlah sekolah, misalnya SLTA. Maka sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk segera mencukupi itu,” ujar  Ngasbun.

Berbeda dengan kondisi sekolah dasar negeri yang justru dinilai terlalu banyak sehingga ada beberapa sekolah yang kekurangan siswa. Ngasbun yang juga menjabat Dekan FPBS Upgris Semarang berharap sekolah yang kekurangan siswa, sebaiknyaada upaya penggabungan dengan sekolah lain agar pelaksanaan pendidikan bisa berjalan dengan baik.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x