Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Siswa SMA Negeri 3 Kota Semarang Diterima 21 Kampus Bergengsi Luar Negeri

Kompas.tv - 10 Juli 2023, 11:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bisa diterima di universitas di luar negeri menjadi impian kebanyakan siswa, apalagi bisa diterima hingga 21 universitas bergengsi di luar negeri sekaligus. Hal inilah yang dialami oleh Maulana Fatahillah Adzima, siswa dari SMA Negeri 3 Kota Semarang yang baru saja lulus bulan Mei 2023.

Berkat kerja kerasnya dalam belajar dan penelitian, ia bisa lolos di 21 universitas bergengsi di luar negeri yang tersebar di delapan negara. Sebelumnya, Maulana juga mengikuti ajang olimpiade seperti olimpiade sains nasional (OSN) bidang geografi dan kebumian. Saat ditanya mengenai pilihan jurusan yang ia terima, siswa berumur 18 tahun ini mantap menjawab mengambil jurusan teknik sipil di UC Berkeley di Amerika Serikat.

Maulana juga menyebut, alasannya memilih mengambil jurusan teknik sipil di UC Berkeley adalah karena ingin mengikuti jejak Ridwan Kamil. Ia mengaku sangat mengidolakan Gubernur Jawa Barat itu.

Selama sekolah Maulana memang menunjukkan bakat dan minatnya di bidang pelajaran geografi dan kebumian, ia pun rajin melakukan penelitian atau riset karya ilmiah, dan mengikuti lomba-lomba.

Prestasinya ini tak begitu saja ia dapatkan, Maulana bercerita ia mendapat banyak dukungan dari keluarga dan juga pihak sekolah, sehingga ia bisa menjadi siswa kebanggaan. Pihak sekolah sendiri selama ini selalu mendorong setiap muridnya untuk terus meraih prestasi, hingga memberikan fasilitas khusus bagi siswa yang mengikuti lomba.

#semarang #sman3semarang #maulana



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x