Kompas TV regional jawa barat

Cara Pemda Purwakarta Antisipasi Antraks

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 16:34 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Antisipasi penyebaran antarks Pemda Purwakarta menutup sementara pasar hewan Ciwareng Purwakarta  merupakan salah satu pasar hewan terbesar di jawa barat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penyebaran akibat dari pengiriman sapi dan hewan ternak lain, dari daerah yang tengah dilanda penyakit antraks.

Tidak seperti biasanya yang selalu ramai kondisi pasar hewan Ciwareng kabupaten Purwakarta pada senin pagi sepi.

Di pasar hewan terbesar di jawa barat ini tidak ada aktifitas jual beli hewan ternak sapi maupun kerbau. Sepinya pasar hewan menyusul penutupan aktifitas pasar oleh Pemda Purwakarta yang mulai diberlakukan hari senin 10 juli 2023.

Bahkan beberapa pedagang dan pembeli hewan ternak lokal kembali pulang atau membawa kembali sapinya karena pasar hewan ditutup.

Penutupan pasar hewandilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit antrak yang sedang merebak di gunung kidul Yogyakarta.

Selain pasar hewan Ciwareng penutupan juga dilakukan di tiga pasar hewan lainnya di Purwakarta yakni pasar hewan Citeko, pasar hewan Bojong, dan pasar hewan Wanayasa, penutupan pasar hewan dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Wilayah kabupaten purwakarta sendiri termasuk daerah endemis penyakit antrak menyusul temuan penyakit antrak pada tahun 1999 silam, namun hingga saat ini petugas belum menemukan kembali adanya ternak di purwakarta yang terindikasi penyakit antrak.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG : https:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat

Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar

Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat

TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x