Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Masinis KA Brantas Diperiksa Polisi, KNKT Periksa Lokasi Kejadian

Kompas.tv - 24 Juli 2023, 16:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOPAS.TV - Dalam penyidikan yang dijalani masinis, penyidik menanyakan terkait seputar kronologi kejadian dan tindakan darurat saat terjadinya kecelakaan. Masinis yang sempat melihat ada orang melambaikan tangan dan tanda bahaya, melakukan pengereman darurat untuk mengurangai kecepatan, pada kecepatan 70 kilometer/jam. Melihat kondisi jarak yang sudah terlalu dekat dan akan terjadi benturan, masinis dan asistennya menutup pintu lokomotif untuk menghindari api yang ditimbulkan dari ledakan dari tangki bahan bakar truk yang tertabrak.

“Ada orang melambai-lambai lagi. Kecepatan sudah berkurang jadi 50 kilometer/jam, tapi turunnya ngga langsung, pasti ada jedanya. Kalau pengereman penuh, belum emergency, tapi setelah saya melihat truk yang mogok saya emergency. Saya sudah melakukan pengereman emergency,” kata Ari Wibowo, masinis KA Brantas.

Kanit Penegakan Hukum Polrestabes Semarang mengaku, pemeriksaan yang dilakukan unit laka lantas sudah enam saksi yakni, sopir, petugas palang pintu, masinis, asisten masinis serta dua warga yang melihat kejadian. Nantinya, penyidik juga akan menambah pemeriksaan terhadap beberapa saksi dari saksi ahli serta saksi dari dinas perhubungan dan KNKT.

Sementara itu, untuk mengetahui penyebab Kereta Api Brantas tabrak truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro Kota Semarang , KNKT melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian Jumat (21/7/2023) pagi. Pemeriksaan dilakukan di area perlintasan yang menyebabkan truk mendadak berhenti tepat diperlintasan rel. Selain itu, juga di jembatan dan perlintasan rel kereta api.

“Karena kita lihat lintasannya ini cukup tidak ramah untuk kendaraan. Di jalan ini isunya bukan karena ketidakrataan, tapi ini di sini karena geometrik dan kendaraan yang akan melewatinya. Tim kedua saya tugaskan untuk mengukur elevasi di sini, nanti kita melakukan membuat simulasi kendaraan pada saat dia melewati di sini, dia nyangkut atau tidak dan sebagainya, setelah kita punya pukuran ukuran trailer dan lain sebagainya,” ucap Ahmad Wildan.

Menurut pihak KNKT, semestinya untuk truk trailer memerlukan perlintasan khusus. Untuk memastikan keamanan perlintasan, petugas KAI terus melakukan pengecekan rel di lokasi kejadian. Dan kereta yang melintas diminta untuk mengurangi kecepatan.

 

#kabrantas #truktrailer #kotasemarang

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x