Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Forum Anak Nasional di Semarang Momentum Bangkitnya Anak Indonesia

Kompas.tv - 25 Juli 2023, 16:40 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pembukaan Forum Anak Nasional dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023 digelar di Kantor BPSDM Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang pada Kamis (20/7/2023) malam.

Pembukaan Forum Anak Nasional dihadiri oleh  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, serta perwakilan 750 anak dari seluruh Indonesia.

Tema yang diusung Hari Anak Nasional tahun ini adalah “Anak Indonesia Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak”. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyebut, persoalan anak yang masih terjadi saat ini yakni pernikahan anak yang masih menjadi pekerjaan rumah, karena bukan soal kemiskinan namun juga budaya di masyarakat.

Selain itu yang lebih parah lagi di Provinsi Aceh terkait dengan pelecehan seksual yang tinggi, melibatkan anak baik sebagai korban ataupun pelakunya.

“Mereka di daerahnya masing-masing, suara yang harus kita dengar sebagai orang dewasa, pemerintah, pengambil kebijakan, ini akan menjadi hal penting. Bagaimanapun dalam pemenuhan hak anak, apa itu hak hidup, hak untuk tumbuh berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan, dan hak partisipasi, ini semua kita harus adil,” kata I Gusti Ayu Bintang Darmawati .

“Kita harus bergerak bersama untuk memberikan kepentingan yang terbaik bagi anak-anak. Momentum hari anak ini adalah pengingat bagi kita semua orang dewasa untuk memberikan yang terbaik kepada anak-anak kita,” tambahnya.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu sangat mendukung digelarnya Hari Anak Nasional 2023 di Kota Semarang  tak hanya untuk bisa memberikan ruang dan aspirasi bagi anak anak, namun juga untuk perubahan bagi suara anak Indonesia.

“Terima kasih kepada menteri-menteri yang mempercayakan Semarang sebagai tuan rumah. Kami akan memberikan support kepada anak-anak untuk memberikan masukan atau isu-isu apa yang menjadi suara atau beban,” tutur Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Forum Anak Indonesia dalam rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional di Kota Semarang ini, diharapkan menjadi momentum bangkitnya anak Indonesia dari keterbelakangan. Pasalnya, forum anak Indonesia ini, akan menyerap aspirasi serta ruang bagi anak untuk pengembangan jati diri tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

Dalam berkegiatan di Kota Semarang ini, Forum Anak Nasional juga akan merumuskan suara anak Indonesia yang nantinya akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo, dalam puncak Hari Anak Nasional di Lapangan Simpang Lima Semarang.

#fan2023 #harianak #semarang




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x