Kompas TV regional berita daerah

Bupati Banyumas Usulkan Penutupan Tambang Ilegal Tempat 8 Penambang Terjebak

Kompas.tv - 31 Juli 2023, 19:29 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Bupati Banyumas, Achmad Husein, mendatangi lokasi tambang ilegal tempat terjadinya peristiwa 8 pekerja tambang di Kecamatan Ajibarang. Hingga Kamis lalu, delapan penambang belum ditemukan dan masih terjebak di dalam lubang tambang karena tergenang air.

 

Husein menyampaikan rasa prihatinnya atas tragedi yang terjadi yang menyebabkan 8 korban saat ini masih belum dapat ditemukan. Namun, terkait status aktivitas penambangan emas yang tidak berizin, ia menegaskan akan mengusulkan tambang tersebut untuk ditutup.

 

Pemerintah Kabupaten Banyumas akan mengadakan rapat bersama pemangku kebijakan lainnya terkait masalah tambang tersebut. Usulan penutupan itu akan disampaikan kepada pihak pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Pasalnya keputusan itu ada pada ranah pusat dan provinsi.

 

Sementara terkait upaya evakuasi terhadap 8 petambang itu, tim gabungan Basarnas, Polri, TNI, BPBD serta para relawan melakukan upaya pengeringan atau menyedot air yang menggenangi lubang tambang menggunakan alat sedot berkapasitas tinggi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x