Kompas TV regional sumatra

Duduk Perkara Belasan Anggota TNI Geruduk Mapolrestabes Medan, Dipimpin Mayor Dedi

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 13:06 WIB
duduk-perkara-belasan-anggota-tni-geruduk-mapolrestabes-medan-dipimpin-mayor-dedi
Penampakan sejumlah orang berseragam TNI mendatangi Satreskrim mapolrestabes Medan, Sabtu (5/8/2023). (Sumber: Tribunmedan/HO)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

MEDAN, KOMPAS.TV - Pihak Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan menjelaskan duduk perkara belasan anggota TNI berseragam lengkap menyambangi Mapolrestabes Medan pada Sabtu (5/8/2023).

Kapendam I Bukit Barisan Kolonel Inf Riko Siagian saat konferensi pers bersama Polda Sumut, Minggu (6/8/2023) dini hari menjelaskan bahwa Mayor Dedi Hasibuan selaku Penasehat Hukum Kodam I Bukit Barisan adalah saudara dari Ahmad Rosyid Hasibuan (ARH ), tersangka kasus mafia tanah.

“Mayor Dedi dan ARH mereka bersaudara," kata dia, dikutip Tribunnews.com.

Meski demikian Riko mengatakan, bahwa apa yang dilakukan oleh Dedi tak ada kaitannya dengan tugasnya sebagai anggota TNI.

Sebelumnya, Kapendam I/BB Kolonel Rico Siagian membenarkan bahwa Mayor Dedi mendatangi Satreskrim Polrestabes Medan untuk menjumpai Kompol Teuku Fathir Mustafa.

Baca Juga: Polrestabes Medan Sita Sabu, Ekstasi, dan Ganja Saat Gerebek Kawasan Narkoba di Jermal

"Intinya dari Mayor Dedi ingin menanyakan surat penangguhan yang mereka buat sudah sampai mana," kata Rico saat diwawancarai Tribunnews.com di Mapolrestabes Medan, Sabtu (5/8).

"Nah, setelah dijelaskan, ya mereka memahami bahwa surat itu baru diterima hari ini sekitar pukul 14.00 WIB," ujarnya.

Menurut Rico, permohonan penangguhan penahanan terhadap ARH telah ditindaklanjuti.

Rico juga menyebut bahwa Mayor Dedi datang  bersama sejumlah rekannya bukan berarti untuk menyerang.

"Mau datang 1 orang atau 10 orang. Menurut saya bukan menjadikan, wah, ini sesuatu yang negatif. Memang kebetulan Dedi membawa teman-temannya. Tapi bukan berarti untuk menyerang," ujarnya.

Ia menegaskan tidak ada pengerahan personel. Hanya saja, Dedi ingin ARH ditangguhkan dan akhirnya diwujudkan Polrestabes Medan.

"Makanya setelah surat hardcopy-nya kita terima dan pertimbangan Polres bisa ditangguhkan, ya selesai," ujarnya.

Mengutip Tribunmedan.com, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, menyebut kedatangan Mayor Dedi ke Polrestabes Medan untuk berkoordinasi terkait status penahanan saudara dari Mayor Dedi Hasibuan.



Sumber : tribunnews.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x