Kompas TV regional jawa timur

BPBD Sumenep: Suara Dentuman Sudah Terjadi Sejak 10 Hari yang Lalu

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 00:00 WIB
bpbd-sumenep-suara-dentuman-sudah-terjadi-sejak-10-hari-yang-lalu
Tim ahli dari Stasiun Geofisika kelas II BMKG Pasuruan Jawa Timur mendatangi lokasi dentuman di Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Minggu (13/8/2023). (Sumber: KOMPAS.com/ACH. FAWAIDI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Plt Kabid Kedaruratan & Logistik BPBD Kabupaten Sumenep Andy Ricky Kurniawan mengungkapkan, suara dentuman yang muncul di Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, sudah terjadi sejak 10 hari yang lalu.

Andy mengatakan, saat pertama kali dilaporkan itu, suara dentuman yang terdengar masih kecil.

"Jadi dentuman ini sepuluh hari yang lalu ada, tapi itu kecil dan tidak menimbulkan getaran," kata Andy dalam program Kompas Malam, Minggu (13/8/2023).

"Nah kemudian hari Sabtu kemarin, ada kejadian fenomena alam lagi, berulang dan dentumannya itu agak keras dan menimbulkan getaran. Cuman getarannya itu tidak sampai merusak fasilitas ataupun bangunan yang ada di area tersebut," jelasnya.

Hingga saat ini, belum diketahui asal dan penyebab suara dentuman tersebut.

Andi menambahkan, dari pihak BMKG Pasuruan telah memasang alat seismograf untuk melakukan observasi. 

Namun, belum ada hasil yang didapatkan karena pihak BMKG Pasuruan juga masih menunggu suara dentuman itu muncul kembali.

"Untuk sementara dari jam 3 sore tadi, BMKG Pasuruan sudah memasang alat seismograf, namun masih menunggu hasil observasi mereka. Besok pagi baru masih pengambilan data," tutur Andy.

"Dan itu pun, BMKG sebenarnya menunggu apabila bunyi itu terjadi lagi karena alat seismograf itu mendeteksi getaran," tukasnya.

Baca Juga: Misteri Suara Dentuman di Sumenep, BMKG: Tidak Ada Gempa




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x