Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Lomba Nasi Goreng Mbak Ita Tumbuhkan Kerukunan dan Kekompakan

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 14:40 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ramai diperbincangkan, ternyata lomba masak nasi goreng Mbak Ita tak hanya memiliki banyak filosofi, namun juga memiliki banyak manfaat. Seperti menumbuhkan kerukunan, kekompakan dan gotong-royong.

Kehadiran Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang akrab dipanggil Mbak Ita, di sambut meriah ribuan warga Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang yang mengikuti lomba masak nasi goreng Mbak Ita. Untuk memastikan kelancaran perlombaan, Mbak Ita berkunjung ke stand pamer nasi goreng hasil olahan ibu- ibu warga ngaliyan.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menegaskan lomba nasi goreng Mbak Ita yang terkesan sangat sederhana ini, namun banyak filosofi diantaranya memanfaatkan urban farming sehingga murah dan bergizi tinggi, mengapresiasi masakan nusantara nasi goreng yang terkenal hingga ke luar negeri, menggerakkan ibu-ibu untuk kembali memasak di dapur seiring mudahnya memesan makanan lewat aplikasi online. Dan lewat lomba nasi goreng Mbak Ita ini, bisa terjalin kerukunan dan kekompakan antarwarga. 

"Ibu-ibu ini tadi bareng-bareng menyajikan, tadi di sini mulai membuatnya, kemudian menghiasnya, kemudian dari situ mereka kompak guyub dan kemudian berlanjut. Ini yang kita harapkan, dengan kegiatan ini ibu-ibu semakin bisa berinteraksi dan melihat, mencontoh, mana yang baik, mana yang bisa dilakukan oleh kita, atau ibu-ibu yang lainnya, " kata Hevearita Gunaryanti Rahayu, Wali Kota Semarang. 

Sementara itu Camat Ngaliyan, Moeljanto menegaskan ada 900 RT di 10 kelurahan yang ikut andil dalam perlombaan nasi goreng Mbak Ita. Warga sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan ini, mereka terlihat rukun dan kompak.

"Nasi goreng khas Mbak Ita, antar kelurahan diikuti oleh 900 RT, dimana semua RT bisa menampilkan ciri khasnya memasak nasi goreng, " jelas Moeljanto, Camat Ngaliyan.  

Untuk final lomba nasi goreng Mbak Ita akan di gelar tanggal 27 Agustus 2023 di Balaikota Semarang yang diikuti perwakilan pemenang dari masing- masing kelurahan.

#nasigorengmbakita #lombanasigoreng #mbakita




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x