Kompas TV regional jabodetabek

Area Pencarian Diperluas, Ini Update 3 Korban Hilang Tenggelamnya KM Dewi Noor 1 di Kepulauan Seribu

Kompas.tv - 20 Agustus 2023, 19:15 WIB
area-pencarian-diperluas-ini-update-3-korban-hilang-tenggelamnya-km-dewi-noor-1-di-kepulauan-seribu
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), mengerahkan kapal patroli KPLP membantu upaya evakuasi dan pencarian korban tenggelamnya Kapal Motor (KM) Dewi Noor 1 di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (19/8/2023). (Sumber: Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hingga saat ini, pencarian tiga korban hilang tenggelamnya Kapal Motor (KM) Dewi Noor 1 belum membuahkan hasil. Ketiga orang yang dinyatakan hilang itu belum juga ditemukan. 

Kepala Kantor SAR Jakarta, Fazzli, menjelaskan, pencarian korban KM Dewi Noor 1 masih belum membuahkan hasil meski area pencarian sudah diperluas.

"Semenjak tadi pagi, Basarnas bersama dengan Potensi SAR telah melakukan pencarian dengan mengerahkan unsur laut," kata Fazzli dalam program Kompas Petang, Minggu (20/8/2023).

"Sampai saat ini pencarian yang kita lakukan dengan luas area 120 nautical mile berdasarkan data cuaca dari BMKG, terutama data cuaca maritim, tiga korban tersebut masih belum kita temukan," jelasnya.

Lebih lanjut, Fazzli menuturkan, sebenarnya tidak ada kendala berarti dalam proses pencarian tiga korban hilang KM Dewi Noor 1 ini.

Bahkan, tim SAR gabungan juga sudah menggunakan alat pendeteksi bawah laut untuk mencari korban. Akan tetapi, pencarian belum juga membuahkan hasil.

"Dari cuaca tidak ada kendala dan cukup kondusif untuk melaksanakan operasi pencarian, kemudian ketersediaan alutsar juga cukup memadai," lanjutnya.

Baca Juga: Satu Korban Tewas KM Dewi Noor 1 Sudah Diserahkan ke Pihak Keluarga, 3 Masih Hilang

"Namun memang karena area pencarian sangat luas dan kemungkinan korban tenggelam dan belum muncul di area permukaan."

"Kita juga sudah menggunakan beberapa alat untuk mendeteksi bawah air seperti Aquaai dan Underwater Set Device, namun belum bisa mendeteksi dari keberadaan korban tersebut," ucapnya.


Seperti diberitakan sebelumnya, KM Dewi Noor 1 tenggelam di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (19/8/2023) dini hari.

Berdasarkan rilis dari tim SAR, kapal yang dinaiki 15 penumpang itu tenggelam di perairan antara Pulau Untung Jawa dan Pulau Pari sekitar pukul 04.00 WIB.

Dari 15 penumpang tersebut, sebanyak 12 penumpang berhasil dievakuasi dengan 1 di antaranya dalam kondisi tewas. Korban meninggal dunia itu diketahui bernama Aan (47).

Hingga saat ini, masih ada tiga penumpang yang masih dinyatakan hilang dan sedang dalam proses pencarian oleh tim SAR gabungan.

Penyebab tenggelamnya KM Dewi Noor 1 juga masih dalam penyelidikan.

Namun dugaan sementara, KM Dewi Noor 1 tenggelam akibat kebocoran di bagian mesin belakang.

Baca Juga: Update Pencarian 3 Korban Tenggelam KM Dewi Noor 1, Tim SAR Dibagi ke 2 Titik Lokasi

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x