Kompas TV regional jabodetabek

Uji Coba LRT Jabodebek 26-27 Agustus 2023, Ini yang Wajib Dibawa Masyarakat

Kompas.tv - 26 Agustus 2023, 07:35 WIB
uji-coba-lrt-jabodebek-26-27-agustus-2023-ini-yang-wajib-dibawa-masyarakat
Petugas berjalan di dekat kereta light rapid transit atau LRT Jabodebek yang bergerak di atas rel dalam uji coba di Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 10 Agustus 2023. LRT Jabodebek direncanakan akan dilucurkan pada Agustus 2023. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah mengalami beberapa kali penundaan, uji coba operasional Light Rail Transit Jakarta, Bogor, Depo, dan Bekasi atau LRT Jabodebek, dijadwalkan akan dilaksanakan hari ini, Sabtu (26/8/2023) dan besok, Minggu (27/8/2023).

Dilansir Kompas.com, Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo menjelaskan, peserta uji coba dengan biaya Rp1 adalah mereka yang telah mendaftar sejak 10 Juli lalu.

Dalam proses pendaftaran tersebut, sekitar 24.000 orang mendaftar, tetapi hanya mereka yang telah menerima konfirmasi dari LRT Jabodebek yang dapat mengikuti uji coba.

"Pada saat uji coba operasional terbatas besok, masyarakat yang telah mendapatkan konfirmasi jadwal keikutsertaannya bisa datang sesuai jadwal yang telah ada," kata Kuswardoyo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/8/2023).

Karena tarif uji coba operasional ini hanya Rp1, masyarakat yang sudah mendapatkan konfirmasi diwajibkan membawa Kartu Multi Trip atau Kartu Uang Elektronik dari bank BNI, BRI, BTN, Mandiri, BCA, atau bank DKI. 

Baca Juga: Heru Budi Sebut LRT Jabodebek Sudah Layak Diresmikan Besok Senin: Sudah Bagus dan Mulus

Kuswardoyo menambahkan, pilihan hari Sabtu dan Minggu untuk uji coba terbatas ini bertujuan agar lebih banyak masyarakat yang telah mendaftar, bisa mengikuti uji coba tersebut. 

Nantinya, masyarakat harus berangkat dari lokasi yang telah dipilih sebelumnya dan diperbolehkan untuk naik dan turun di semua stasiun LRT Jabodebek, kecuali Stasiun Halim.

"Pastikan untuk selalu melakukan tap in di stasiun keberangkatan dan tap out di stasiun tujuan," ujarnya.

Rencananya, LRT Jabodebek akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (28/8/2023) lusa.

Sebelumnya,  PT KAI menyebutkan pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 31 trainset atau rangkaian kereta untuk melayani perjalanan penumpang LRT Jabodebek.

Rangkaian kereta itu terdiri dari 27 trainset untuk keperluan operasional dan empat trainset cadangan, dengan setiap trainset terdiri dari enam kereta. 

Baca Juga: Resmi, Pemerintah akan Beri Subsidi Tarif LRT Jabodebek, Cek Rute dan Harganya di Sini


 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x