Kompas TV regional jabodetabek

Promo LRT Jabodebek: Diskon 78 Persen dan Tarif Maksimal Rp20 Ribu, Simak Waktunya!

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 07:05 WIB
promo-lrt-jabodebek-diskon-78-persen-dan-tarif-maksimal-rp20-ribu-simak-waktunya
Foto arsip. KAI memberikan promo tarif tiket LRT Jabodebek berupa diskon 78 persen hingga akhir September 2023. (Sumber: kai.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan promo tarif LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Promo tersebut berupa diskon 78 persen harga tiket LRT yang diwujudkan dalam tarif flat sebesar Rp5 ribu untuk seluruh lintas pelayanan.

Promo ini berlaku sejak peresmian LRT, Senin (28/8/2023) sampai dengan akhir bulan September 2023. 

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, masyarakat yang menggunakan LRT Jabodebek mendapatkan subsidi dari pemerintah melalui Kementerian Perhubungan. 

Subsidi itu bertujuan untuk menarik minat masyarakat menggunakan transportasi umum dengan biaya lebih terjangkau. 

Selain diskon 78 persen dari KAI, Kementerian Perhubungan juga sudah menyiapkan skema tarif promo maksimal Rp20 ribu untuk jarak terjauh, dan di bawah Rp20 ribu untuk selain jarak terjauh.

Promo ini bertujuan untuk mengenalkan LRT Jabodebek sekaligus mendorong minat masyarakat beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi.

Promo tarif Rp20 ribu untuk jarak terjauh tersebut berlangsung lebih lama, yakni hingga akhir Februari 2024.

Baca Juga: Jajal LRT Tanpa Masinis, Menteri Keuangan Sri Mulyani Deg-degan

Sebagai informasi, tarif LRT Jabodebek sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik. 

Berdasarkan aturan ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp5.000 untuk 1 km pertama, dan mengalami penambahan sebesar Rp700 per km selanjutnya. 

“Kehadiran LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kemacetan di Jakarta dan sekitarnya," kata Didiek, Senin (28/8/2023) dilansir dari situs resmi KAI.




Sumber : Kai.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x