Kompas TV regional sulawesi

Inovasi Alat Pengasapan Ikan Unsulbar

Kompas.tv - 1 September 2023, 14:00 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAJENE, KOMPAS.TV - Tim pengabdian masyarakat universitas Sulawesi Barat. Memperkenalkan inovasi alat pengasapan ikan terbang bagi nelayan, dengan alat tersebut. Memudahkan warga produksi ikan asap.

Ikan terbang menjadi salah satu komoditi utama hasil laut di kabupaten Majene. Sulawesi barat, di pesisir somba. Kecamatan sendana. Produksi ikan terbang asap menjadi primadona di wilayah itu, produksi ikan asap selama ini terbatas karena masih menggunakan tungku api tradisonal.

Membantu nelayan meningkatkan produksi ikan asap. Tim pengabdian masyarakat unsulbar memperkenalkan inovasi alat pengasapan ikan, alat ini memiliki keunggulan dibanding tungku tradisonal yang selama ini digunakan warga, selain irit bahan bakar kayu. Waktu pengasapan juga lebih singkat, selain itu. Produksi ikan asap lebih banyak dan higienis serta tampilan lebih menarik.

Jika sebelumnya pengasapan ikan membutuhkan waktu lima jam. Namun dengan alat ini hanya butuh waktu dua jam untuk produksi 100 ekor ikan terbang.

Karena menggunakan bahan bakar kayu yang sedikit. Asap dari hasil pembakaran juga jauh lebih sedikit dan dapat meminimalisir polusi udara serta tidak mengganggu warga sekitar.

 

#inovasialatpengasapan
#nelayan
#ikanterbang




Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x