Kompas TV regional sumatra

Ratusan Mahasiswa Ikuti Program Wirausaha Merdeka Politeknik Kutaraja

Kompas.tv - 7 September 2023, 13:37 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Tahun ini Politeknik Kutaraja Banda Aceh menjadi tuan rumah pelaksanaan program Wirausaha Merdeka yang merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Ada 318 mahasiswa dari 9 kampus di Aceh, Medan dan Malang yang bergabung dengan Politeknik Kutaraja yang akan dididik dan di latih untuk menjadi seorang wirausaha muda. Selama tiga bulan mereka akan di gembleng baik di kampus, magang di industri UMKM, validasi pasar hingga menghasilkan sebuah prototype yang akan di kompetisikan di akhir program dan bazar di akhir Desember nanti.

Ada tiga tahapan konsep program wirausaha merdeka yang akan dijalankan oleh peserta yaitu Pre Imersen. Tahapan ini mahasiswa mendapatkan konsep dasar berwirausaha seperti perencanaan bisnis dan strategis. Tahap kedua yaitu Imersen, peserta akan berkolaborasi langsung dengan UKM, serta Post Imersen, yaitu mengenalkan produk yang telah didesain ke pasar untuk tahu bagaimana repon dari pasar. Keseluruhan tahapan itu di harap menjadi ajang berlatih kemampuan menjadi seoang entrepreneur.

Sementara itu, lembaga layanan perguruan tinggi di Aceh juga terus mendorong kalangan kampus lain untuk mengikutsertakan mahasiswa di wirausaha merdeka ini. Dan mengajak lebih banyak mitra untuk berkolaborasi untuk menghasilkan jiwa wirausaha pada mahasiswa.

Program wirausaha merdeka oleh kampus Politeknik Kutaraja ini, di harap dapat melahirkan para wirausaha muda baru yang berkontribusi untuk membangun negeri. Mereka juga diharap menjadi SDM unggul dan menciptakan lapangan pekerjaan baru serta menciptakan peluang kerja seluas luasnya.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x