Kompas TV regional jawa timur

Bupati Bojonegoro Turun Tangan Urai Alotnya Rapat Anggaran

Kompas.tv - 7 September 2023, 15:26 WIB
bupati-bojonegoro-turun-tangan-urai-alotnya-rapat-anggaran
Suasana rapat panitia anggaran Pemkab Bojonegoro (Sumber: Dok. Istimewa)
Penulis : KompasTV Surabaya

 

BOJONEGORO, KOMPAS.TV - Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bojonegoro dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Bojonegoro berlangsung hingga pukul 23.55 WIB Selasa (5/9/2023).

 

Rapat Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024 dari awal tidak sesuai timeline yang ditentukan.

 

Dari jadwal yang dibuat melalui Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Bojonegoro, pada Rabu (30/8/2023) lalu, seharusnya sudah dihelat rapat Paripurna penetapan KUA PPAS APBD tahun 2024. Namun, hingga malam tadi, antara Banggar dan TAPD belum juga menyelesaikan rapat yang seharusnya selesai ditingkat komisi.

 

Hal ini, membuat Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah turun tangan.

 

Orang pertama di kota minyak tersebut, menginterupsi rapat dan ikut membaur untuk memaparkan dua pertanyaan dari Banggar yakni tentang pembebasan lahan untuk fly over dan hibah comby oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).

 

Sebagai pemilik kewenangan di daerah, Bupati Anna berwenang penuh untuk meluruskan pembahasan rapat yang terkesan tidak berujung. Terlebih, TAPD hanya berdasarkan penugasan.

 

"Saya lima tahun sebagai bupati, tidak pernah ikut rapat banggar kecuali kondisi yang mengharuskan seperti sekarang ini," tegasnya.

 

Bupati Anna menyatakan, jika fly over sangat dibutuhkan rakyat, sehingga butuh dukungan dari semua pihak termasuk DPRD, namun justru ada pengeprasan anggaran.

 

"Kalaupun itu berkaitan dengan kinerja bisa dilakukan melalui forum pengawasan," tandasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x