Kompas TV regional jabodetabek

Politikus PDIP: Heru Budi Harus Berani Terbitkan Aturan Pasang Water Mist untuk Gedung Bertingkat

Kompas.tv - 14 September 2023, 11:44 WIB
politikus-pdip-heru-budi-harus-berani-terbitkan-aturan-pasang-water-mist-untuk-gedung-bertingkat
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth. (Sumber: Dokumen pribadi)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth mengingatkan kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk segera menerbitkan aturan pemasangan water mist generator di seluruh gedung bertingkat yang ada di Jakarta. 

Politikus PDI Perjuangan atau PDIP itu menjelaskan, setidaknya Heru Budi harus membuat Keputusan Gubernur (Kepgub) atau Instruksi Gubernur (Ingub) yang mewajibkan kepada pengusaha yang mempunyai gedung tinggi di Jakarta untuk menggunakan water mist secepatnya dalam penanganan polusi di Jakarta.

"Pj Gubernur DKI harus berani mengeluarkan produk aturan berupa Kepgub atau Ingub untuk menindaklanjuti hal ini, jadi jangan hanya berupa imbauan saja, imbauan tidak ada daya paksanya, jadi harus dibuat berupa suatu produk peraturan yang mengikat," kata Kenneth dalam keterangannya, Kamis(14/9/2023).

Baca Juga: Tekan Polusi, Pemkot Jaksel Semprot Water Mist dari Atas Gedung

"Yang namanya perintah Presiden ini sebuah keharusan dan sifatnya mutlak, jadi harus bisa dilaksanakan dengan baik. Harapan saya bahwa Pak Heru bisa menterjemahkan apa yang menjadi keinginan Presiden Jokowi terkait pemasangan water mist ini," ujarnya. 

Oleh karena itu, ia meminta Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta untuk melakukan pemetaan seluruh gedung bertingkat di Jakarta yang berlantai delapan atau berketinggian 20-200 meter. 

Nantinya, terdata berapa jumlah gedung bertingkat di Jakarta dan diwajibkan untuk melakukan pemasangan water mist.

"Dinas Citata DKI harus melakukan mapping, berapa banyak gedung bertingkat yang berketinggian 20-200 meter di Jakarta. Kalau semua pengusaha paham dan serentak bergotong royong memasang water mist ini, saya yakin permasalahan polusi udara ini pasti akan berkurang secara signifikan," ujarnya. 

Ia berharap para pengusaha juga harus mempunyai kesadaran dan keikhlasan untuk bekerja sama dengan Pemprov DKI dalam percepatan penanganan masalah polusi di Jakarta. 

Sehingga, bisa memperbaiki kualitas udara yang buruk. Karena harus disadari memang bahwa dampak dari polusi udara ini sangat berbahaya. 

"Selain bisa memicu terjadinya gangguan pernapasan, seperti asma, infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA dan kanker paru-paru, polusi udara juga bisa mengakibatkan pada berkurangnya kadar oksigen di dalam tubuh manusia," ujarnya. 

Terkait dengan kendala keterbatasan dalam memproduksi water mist generator, dirinya meminta Badan Riset dan Inovasi Nasional menggandeng pihak swasta agar jumlah ketersedian water mist generator ini dapat tercukupi dan bisa digunakan disejumlah gedung bertingkat di Jakarta.


Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menyebut sekitar 700 pemilik gedung perusahaan swasta di Ibu Kota bersedia memasang water mist sebagai penanganan polusi udara yang buruk.

Baca Juga: Tekan Polusi Udara, Heru Budi Wajibkan 300 Gedung Pasang Water Mist, Biaya Ditanggung Masing-masing

"Sudah ada sekitar 700 pemilik gedung (swasta). Mereka mendukung program dengan water mist," ujar Asep di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (12/9/2023).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x