Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kebakaran, Warga Sekitar TPA Putri Cempo Keluhkan Sesak Napas

Kompas.tv - 21 September 2023, 13:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KARANGANYAR, KOMPAS.TV - Warga di Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, yang berada tak jauh dari lokasi kebakaran Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Putri Cempo Solo, mulai merasakan dampak asap dari tumpukan sampah yang terbakar. Mayoritas warga mengeluhkan gangguan kesehatan seperti, batuk dan sesak napas. Perangkat Desa Plesungan juga telah membagikan masker bagi warga yang terdampak kebakaran TPA Putri Cempo.

Sriyono, seorang warga  desa yang terdampak, mengatakan, ia mengalami sesak dan mata memerah disertai dengan perih akibat dari asap kebakaran tersebut.

“Sesak, terus di mata itu merah-merah dan perih,” ujar Sriyono.

Menurut Parimin, perangkat Desa Plesungan, pembagian masker kepada masyarakat sekitar 4.500 kepala keluarga dan 1.000 KK yang terdampak kebakaran.

“Masker yang diberikan oleh pemerintah desa, itu kisaran udah 4.500 masker yang sudah kita bagikan ke masyarakat, dan untuk yang terdampak itu kisaran 1.000 KK  atau 3 ribu jiwa,” ungkap Parimin

Warga di sekitar lokasi kebakaran pun diimbau untuk selalu memakai masker, demi mengantisipasi paparan zat kimia yang diduga dapat muncul dari tumpukan sampah yang terbakar.

#dampakasap #kebakaran #karanganyar




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x