Kompas TV regional jabodetabek

Tol Serpong-Cinere akan Beroperasi Sepenuhnya, Warga Cibubur-Bogor-Ciawi Makin Dekat ke Bandara

Kompas.tv - 29 September 2023, 11:54 WIB
tol-serpong-cinere-akan-beroperasi-sepenuhnya-warga-cibubur-bogor-ciawi-makin-dekat-ke-bandara
Gerbang Tol Pamulang di ruas tol Cinere-Serpong. Jasa Marga menyatakan, Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 km akan beroperasi sepenuhnya dalam waktu dekat. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jasa Marga menyatakan, Jalan Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 km akan beroperasi sepenuhnya dalam waktu dekat. Tepatnya setelah Seksi 2 Pamulang-Cinere selesai dikerjakan.

Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Mirza Nurul Handayani mengatakan, keberadaan tol tersebut akan semakin mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta.

Begitu juga dengan warga Cibubur, Bogor, Ciawi dan sekitarnya akan semakin mudah mengakses wilayah Serpong. Adapun PT CSJ merupakan anak usaha Jasa Marga.

Baca Juga: Jumlah Tabungan Pelajar di Bank Capai 29 T, Ketua OJK: Setara Bangun 600 Km Jalan Tol

 “Dengan tersambung penuh, maka pengguna jalan dari wilayah Bogor, Ciawi dan sekitarnya (Jalan Tol Jagorawi) serta dari wilayah Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Desari) dapat dengan mudah dan cepat mengakses wilayah Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Kami optimis volume kendaraan yang melalui Jalan Tol Serpong-Cinere juga meningkat,” kata Mirza dalam keterangan resminya di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Jumat (29/9/2023).

Ia menjelaskan, Jalan Tol Serpong-Cinere terkoneksi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Jalan Cinere-Jagorawi yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 Wilayah Barat.

Baca Juga: Selain Ojol, Nasabah AdaKami Akui Kena Teror Order Fiktif Ambulans, Pemadam Kebakaran, dan Sedot WC

“Jalan Tol JORR 2 menambah alternatif dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta, sehingga pengguna jalan yang tinggal di sekitar Jabotabek juga dapat menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi di Jalan Tol Sedyatmo yang merupakan akses utama dari Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota baik dari arah Tj. Priok maupun arah Cawang,” kata Mirza.

Ia belum bisa menyebut kapan pastinya Jalan Tol Serpong-Cinere resmi beroperasi. Yang jelas, hal itu menunggu Seksi 2 Pamulang-Cinere tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo. Untuk ruas Krukut-Limo saat ini juga masih dalam tahap penyelesaian oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ).

Mirza menuturkan, ujung dari jalan utama Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere di Km 35+250 tersambung langsung dengan jalan utama Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo.

Baca Juga: AdaKami Belum Menemukan Identitas Korban yang Diduga Bunuh Diri Akibat Teror Debt Collector

Dengan tersambungnya jalan tol dimaksud, pengguna jalan yang keluar di Limo ataupun menerus menuju Jagorawi, bisa melakukan transaksi di Gerbang Tol Limo yang dioperasikan oleh PT TLKJ

Untuk Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere, adalah untuk melengkapi Seksi 1 Serpong - Pamulang yang telah terlebih dulu beroperasi pada 2021 lalu.

Mirza mengatakan, sebenarnya konstruksi untuk Jalan Tol Serpong Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere telah rampung 100 persen sejak akhir 2021 lalu dan uji laik fungsi telah dilakukan pada Mei 2022.

Ruas tol tersebut juga telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada September 2023.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x