Kompas TV regional berita daerah

Hari Rabies Sedunia, Puskeswan Tegal Gelar Vaksinasi Gratis

Kompas.tv - 3 Oktober 2023, 11:27 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pemberian vaksinasi rabies gratis digelar di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Kegiatan ini mendapatkan sambutan antusias dari warga dan kelompok pecinta hewan di Kota Tegal. Vaksinasi gratis ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia atau peringatan World Rabies Day.

 

Sebelum disuntik vaksin, hewan peliharaan menjalani proses skrining berupa pemeriksaan kesehatan. Di antaranya usia minimal 4 bulan, untuk hewan betina tidak sedang menyusui atau hamil dan dalam kondisi sehat, serta sudah pernah diberi obat cacing.

 

Vaksinasi rabies gratis ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mewaspadai penyebaran rabies pada hewan peliharaan. Selain vaksinasi rabies gratis, dalam kegiatan ini para komunitas pecinta hewan juga diberikan edukasi tentang bahaya rabies bagi hewan peliharaan juga bagi pemiliknya.

 

Salah seorang pecinta hewan peliharaan, Kristianto, menyambut baik kegiatan vaksinasi rabies gratis ini. Menurutnya, suntik vaksinasi rabies penting agar hewan peliharaan serta pemiliknya aman dari potensi penularan virus rabies.

 

Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan diminta mempunyai kesadaran untuk melakukan vaksin secara rutin. Vaksinasi dilakukan tidak hanya pada momen peringatan World Rabies Day saja, namun rutin minimal setahun sekali.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x