Kompas TV regional berita daerah

Ibu-ibu Sukses Usaha Rumahan Wedang Pokak Khas Madura

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 21:59 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang ibu rumah tangga di Jember Jawa Timur sukses mendulang rupiah dari usaha produksi minuman sehat wedang pokak khas madura. Minuman itu berbahan baku rempah yang diproduksi secara tradisional dan baik untuk kesehatan.

Adalah Elmi Evaliana, warga jalan wijaya kusuma Kelurahan Jember Lor Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang sukses usaha produksi minuman rempah. Minuman itu diproduksi secara tradisional di rumahnya dengan dibantu suaminya.

Bahan rempah yang digunakan adalah jahe, kayu manis, kayu secang, cengkeh, bunga lawing, daun pandan, daun sereh dan beragam rempah lainnya. Minuman dicampur gula untuk menghasilkan rasa manis. Seluruh bahan rempah ditumbuk lalu direbus hingga air berubah keruh kecoklatan. Minuman rempah siap dikemas dan disajikan. Minuman itu dikenal dengan nama wedang pokak, yakni minuman khas pulau madura.

Baca Juga: Mahasiswa UM Ciptakan Obat Semprot Scabies Pada Kucing

Elmi mampu memproduksi 100 botol dalam sehari. Satu botol wedang pokak dijual 6 ribu rupiah. Pembelinya ada yang datang langsung, ada juga yang membeli secara online. Untung yang didapat jutaan rupiah per bulan.

 

#wedangpokak #rempahrempah #minumanmadura



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x