Kompas TV regional kalimantan

Keluhan Warga Kalimantan Akibat Karhutla, Rumah Ditutup Rapat, Tidur Pakai Masker

Kompas.tv - 7 Oktober 2023, 02:00 WIB
keluhan-warga-kalimantan-akibat-karhutla-rumah-ditutup-rapat-tidur-pakai-masker
Kondisi kabut asap karhutla yang menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (3/10/2023). (Sumber: Kompas.com/Idon Tanjung)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

BANJAR, KOMPAS.TV - Kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menyelimuti beberapa kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan dan mengganggu aktivitas warga. Dampak dari karhutla ini juga meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Wilayah terparah terpapar kabut asap termasuk Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Banjar.

Seorang warga di Kompleks Griya Annisa, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar Cahyadi mengisahkan pengalamannya dengan kabut asap sering menyelimuti daerahnya di pagi hari, bahkan hingga membuat rumah tetangganya sulit terlihat.

Baca Juga: Inilah Kondisi Warga yang Harus Bekerja di Tengah Kabut Asap Karhutla Jambi

"Kabut asapnya sangat pekat hingga melihat rumah tetangga saja tidak bisa karena tertutup kabut asap," ujar Cahyadi dikutip dari Kompas.com, Jumat (6/10/2023).

Saat sore menjelang, kabut asap kembali muncul dengan intensitas tak pekat dan berlanjut hingga malam.

"Biasanya kalau sampai malam, terpaksa kami sekeluarga tidur menggunakan masker karena hawanya jelas terhirup padahal pintu dan jendela rumah tertutup rapat," ungkapnya.

Baca Juga: Pekanbaru Dilanda Kabut Asap akibat Karhutla, Pemkot Berencana Liburkan Sekolah

ASN tersebut juga pernah mengungsikan anaknya ke tempat aman karena khawatir akan dampak kesehatan yang ditimbulkan oleh paparan kabut asap.

"Ketika itu, kabut asap disekitar tempat tinggal kami sangat pekat. Anak dan istri terpaksa ku ungsikan ke rumah neneknya di Banjarmasin untuk mengurangi dampak kabut asap," bebernya.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x