Kompas TV regional jabodetabek

Korban Bunuh Diri, Polisi Tidak Temukan Tindak Pidana di Kasus Penemuan Jasad Ibu dan Anak di Cinere

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 22:12 WIB
korban-bunuh-diri-polisi-tidak-temukan-tindak-pidana-di-kasus-penemuan-jasad-ibu-dan-anak-di-cinere
Dua jenazah yang tinggal kerangka ditemukan di sebuah rumah di Perumahan Bukit Cinere, Cinere, Depok, Kamis (7/9/2023). (Sumber: KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ditreskrimum Polda Metro Jaya tidak menemukan tindak pidana dalam kasus penemuan jasad ibu dan anak di Perumahan Bukit Cinere Indah, Cinere, Depok. 

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi menjelaskan dari hasil pemeriksaan mulai dari olah tempat kejadian perkara (TKP), pemeriksaan saksi-saksi, autopsi jenazah.

Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan forensik, digital forensik, psikologi forensik, histopatologi forensik, patologi forensik hingga jejak DNA yang ada di TKP disimpulkan kedua korban Grace Arijani Harapan (64) dan David Arianto Wibowo (38) memilih untuk mengakhiri hidup.

Kombes Hengki menjelaskan dalam penelusuran jejak DNA, tidak ditemukan sampel lain selain kedua korban. Hasil forensik pada jenazah juga tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan, luka kekerasan hingga zat kimia yang mengkibatkan kematian. 

Selanjutnya tim juga tidak menemukan jejak orang lain yang masuk ke dalam rumah dan tidak ditemukan barang yang hilang dari TKP.

Baca Juga: Psikolog Forensik Ungkap Kemungkinan Latar Belakang Kematian Anak Perwira TNI AU

Menurutnya, ada sejumlah barang yang tidak ditemukan oleh penyidik lantaran sudah dijual oleh kedua korban. 

"Dari hasil penyelidikan tadi kami simpulkan terhadap peristiwa yang terjadi di Cinere ini bukan merupakan peristiwa pidana. Disimpulkan kedua korban ini bunuh diri dengan cara mengurung diri di ruang sempit," ujar Kombes Hengki saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jumat (6/10/2023).

Petunjuk dari telepon dan laptop

Ia menjelaskan dari pemeriksaan digital forensik, tim menemukan petunjuk tulisan yang berisi keluhan di laptop dan telepon genggam milik korban David untuk mengakhiri hidup. 

Dalam tulisan tersebut korban David menjelaskan dirinya sudah merasa depresi lantaran kondisi sang ibu yakni korban Grace yang delusional dan tidak pernah sadar-sadar. Petunjuk tersebut ditulis pada 23 Februari 2017. 

Baca Juga: Polisi Simpulkan Jasad Ibu dan Anak di Cinere Meninggal karena Bunuh Diri, Ini Fakta yang Ditemukan




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x