Kompas TV regional berita daerah

Siswa MAN Pekalongan Belajar Pemilu dari Pemilihan OSIS

Kompas.tv - 17 Oktober 2023, 15:26 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pendidikan politik, termasuk kecermatan dalam menggunakan hak pilih, menjadi salah satu materi pembelajaran yang harus dikuasai peserta didik. Para pendidik berupaya mengenalkan pelajar cara menggunakan hak pilih yang tepat, dengan menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS, yang dikemas layaknya pemilihan umum.

 

Ratusan pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pekalongan menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ala Pilpres. Masing-masing kelas dibuat konsep TPS, tata letak dibuat semirip mungkin dengan konsep pemilihan umum, ada bilik suara hingga tinta tempat mencelupkan jari.

 

Pemilu ini mengandung nilai edukasi agar mereka lebih siap menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden secara langsung. Bagi siswa sebagai calon pemilih pemula, agar bisa menggunakan hak pilih dan tidak ada anak-anak yang golput saat pemungutan suara pada Pilpres 14 Februari 2024 mendatang.

 

Sebanyak 846 siswa menggunakan hak pilihnya dan mereka mengikuti semua prosedur, mulai dari pendaftaran sampai pencoblosan. Lewat edukasi ini mereka lebih siap segalanya, termasuk ketika mencoblos surat suara dengan benar dan sesuai hati nurani.

 

Peragaan pemilihan umum ini juga bagian dari kurikulum Merdeka Belajar. Siswa bisa sadar tentang pentingnya menggunakan hak pilih dalam pesta demokrasi Pilpres dan Pileg 2024 mendatang.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x