Kompas TV regional jawa barat

Tol Udara Bawa Angin Segar Untuk Niaga

Kompas.tv - 17 Oktober 2023, 17:52 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk meningkatkan daya saing para pelaku usaha mikro kecil dan menengah, di antaranya meningkatkan konektivitas digital transformasi, digital diyakini sebagai solusi cepat dan strategis untuk sektor niaga.

Jangkauan pemasaran yang luas tentunya menjadi harapan setiap para pelaku usaha, dalam mengembangkan usahanya, tak terkecuali bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Cara konvensional menjadi tantangan bagi para pelaku umkm sebelum era digital berkembang seperti saat ini.

Digitalisasi diyakini dapat mengakselerasi kemajuan umkm melalui perluasan ekosistem digital untuk mendorong peningkatan transaksi UMKM, lewat digitalisasi pemasaran produk umkm melalui platfrom digital dan marketplace.

Sebagai bentuk dukungan terhadap para pelaku usaha pemerintah terus melakukan pembangunan infrastruktur,  tak terkecuali  peningkatan konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok nusantara.

Tak hanya untuk kepentingan ekonomi semata, konektivitas baik fisik maupun digital ini sekaligus akan merangkai negara indonesia sebagai negara kepulauan yang sangat besar.

 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat, penduduk Indonesia yang menggunakan akses internet  mengalami peningkatan, bahkan Jawa Barat lebih tinggi trennya dari angka nasional.

BPS juga mencatat penduduk Jawa Barat yang menggunakan ponsel lebih tinggi mencapai 98,27% artinya dari 100 orang 98 di antaranya menggunakan ponsel dalam mengakses internat.

Konektivitas  digital membawa angin segar bagi perkembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah, selain untuk pengembangan inovasi dunia usaha, konektivitas digital membuka pasar yang lebih luas dalam pemasaran produk UMKM.

Pemanfaatan internet di era digital saat ini sangat membantu dan berperan strategis bagi para pelaku  UMKM, pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah cara masyarakat dalam beraktivitas dan bekerja.

Transformasi digital diyakini sebagai solusi cepat dan strategis untuk membawa Indonesia menuju masa depan. Konektivitas digital menjadi momentum penting yang bisa menghubungkan bangsa indonesia dengan teknologi pola pikir kesempatan bisnis global dan masa depan baru menuju Indonesia maju.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG : https:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat

Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar

Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat

TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x